Ini Jurusan Paling Prioritas CPNS dan PPPK 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 20 Agustus 2023
0 dilihat
Ini Jurusan Paling Prioritas CPNS dan PPPK 2023
Pada rekrutmen CPNS kali ini pemerintah masih akan memprioritaskan penerimaan ASN melalui jalur PPPK. Foto: Repro Umsu.ac.id

" Pada rekrutmen kali ini, pemerintah masih akan memprioritaskan penerimaan ASN melalui jalur PPPK. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jurusan-jurusan yang memiliki peluang lebih besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftaran CPNS 2023 akan dimulai pada bulan September mendatang. Rencananya, pendaftaran CPNS bakal dimulai pada 17 September 2023. Namun perlu diingat bahwa jadwal CPNS 2023 yang direncanakan BKN tersebut masih belum disetujui oleh Menpan-RB. Sehingga jadwal tersebut masih bisa berubah.

Pada rekrutmen kali ini, pemerintah masih akan memprioritaskan penerimaan ASN melalui jalur PPPK. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jurusan-jurusan yang memiliki peluang lebih besar.

Jurusan prioritas untuk formasi CPNS 2023 dilansir dari Unews.id dan bangka.tribunnews.com:

1. Jurusan Ilmu Hukum

Lulusan S-1 dengan jurusan hukum menjadi jurusan prioritas untuk CPNS 2023. Selain menjadi jurusan prioritas, jurusan hukum juga sebenarnya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh instansi pemerintahan. Jurusan hukum terdiri dari beberapa bagian, yaitu hukum pidana dan hukum perdata.

Baca Juga: Ini Link Pendaftaran CPNS 2023 dan Tata Cara Daftar

2. Jurusan Pendidikan

Jurusan ini mencakup berbagai bidang seperti matematika, fisika, dan bahasa Indonesia. Tenaga pendidik selalu dibutuhkan, sehingga jurusan ini memiliki peluang besar di rekrutmen CPNS 2023.

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, dan kemiskinan melalui kerja sama antarnegara.

4. Jurusan Multimedia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian multimedia yaitu penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan juga teks.

5. Jurusan Teknik Elektro (konsentrasi Teknik Telekomunikasi atau Rekayasa Perangkat Lunak)

Konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi adalah konsentrasi yang berfokus pada ilmu teknik telekomunikasi dan teknologi informasi.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 8 Tips Lulus CPNS 2023

Lulusan S1 pada jurusan ini diharapkan dapat bekerja dan bersaing di industri telekomunikasi secara global dan secara khusus memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi.

6. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan ini mengarah untuk menekuni dunia talenta digital, dan peluangnya cukup besar pada CASN 2023 ini. Pada jurusan ini biasanya mereka akan mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data.

7. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer, di sini Anda akan mempelajari berbagai teori serta konsep dalam ilmu komputer hingga pengembangan software. Jurusan ini memiliki cakupan ilmu komputer yang cukup luas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga