Ini Kabar Terbaru Tesla Roadster Milik Elon Musk Setelah 5 Tahun di Luar Angkasa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Ini Kabar Terbaru Tesla Roadster Milik Elon Musk Setelah 5 Tahun di Luar Angkasa
Mobil Elon Msuk sudah menyelesaikan tiga dan seperempat orbit mengelilingi matahari. Secara total, mobil yang membawa manekin bernama Starman itu sudah menempuh jarak lebih dari empat miliar km. Foto: Repro Kompas.com

" Secara total, mobil yang membawa manekin bernama Starman itu sudah menempuh jarak lebih dari empat miliar km "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pada 2018 lalu, Elon Musk meluncurkan roket ke luar angkasa berisi Tesla roadster miliknya. Kini lima tahun berlalu, bagaimana nasibnya?

Mengutip Detik.com, mobil itu sudah menyelesaikan tiga dan seperempat orbit mengelilingi Matahari. Secara total, mobil yang membawa manekin bernama Starman itu sudah menempuh jarak lebih dari empat miliar km.

Saat itu, Elon sendiri mengatakan bahwa kesuksesan misi mengirim Tesla menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX ke luar angkasa hanya 50:50. Namun, akhirnya misi tersebut sukses. Dan Tesla roadster meluncur ke luar angkasa dan sampai sekarang tetap mengambang.

Sebuah website bernama “Where Is Roadster” memonitor perkembangan mobil tersebut. Pada 7 Februari 2023 silam, misalnya, jarak Tesla roadster adalah 327.142.348 kilometer dari bumi. Mobil tersebut menjauh dari bumi dengan kecepatan 10.695 km/jam, seperti dilansir dari Sindonews.com.

Baca Juga: Bill Gates Tegur Elon Musk Habiskan Uang di Planet Mars

Baca Juga: Mengulik Fakta Chip Neuralink: Penemuan Elon Musk Terobosan atau Gimmick

Di bangku pengemudi mobil tersebut, ada manekin bernama Starman. Selain itu karena kondisi ruang vakum di luar angkasa yang sangat menantang, tidak diketahui apakah mobil Roadster itu masih dalam kondisi utuh atau tidak karena bisa saja tergerus radiasi atau ditabrak meteoroid hingga penyok.

Untuk saat ini, Roadster hanya akan berkelana tanpa arah di luar angkasa. Mobil ini akan kembali mendekati Mars pada 2035 mendatang. Setelah itu Roadster akan dua kali menghampiri Bumi dengan jarak jutaan kilometer pada 2047 dan 2050.

Sebuah makalah akademis yang dibuat pada 2018 juga memperkirakan kemungkinan Roadster menabrak bumi. Sekitar 22 persen kemungkinan mobil itu bertabrakan dengan bumi dalam 15 juta tahun ke depan. Sedangkan kemungkinannya menabrak venus atau matahari masing-masing sebesar 12 persen. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga