Ini Kata Pj Bupati Muna Barat Soal Penolakan Pembangunan Indomaret

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
Ini Kata Pj Bupati Muna Barat Soal Penolakan Pembangunan Indomaret
Pj Bupati Muna Barat, Bahri katakan soal pembangunan gerai Indomaret masih akan dilakukan konsultasi publik terlebih dahulu. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Terkait pembangunan Indomaret di Kabupaten Muna Barat dinilai bisa matikan UMKM di kalangan masyarakat, pemerintah daerah akan konsultasi publik terlebih dahulu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terkait pembangunan Indomaret di Kabupaten Muna Barat dinilai bisa matikan UMKM di kalangan masyarakat, pemerintah daerah akan konsultasi publik terlebih dahulu.

Berdasarkan penuturan Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Pengurus Wilayah Sulawesi Tenggara, Sumarno, terkait pencanangan dibukanya gerai Indomaret pada tujuh titik di Muna Barat akan menimbulkan kesenjangan ekonomi di masyarakat, khususnya yang bergantung hidup dengan berjualan sembako eceran.

"Dibukanya gerai Indomaret, sama saja pemerintah daerah lebih condong memajukan ekonomi konglomerat besar dari pada ekonomi pedagang lokal," ujar Sumarno, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga: Tiga Mobil Tabrakan Beruntun di Warangga Muna

Di mana seharusnya pemerintah daerah fokus dalam memajukan ekonomi masyarakat setempat, mengingat masyarakat telah membayar pajak, ini telah menjadi tugas bagi masyarakat untuk mengatur sendiri kegiatan ekonominya.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemerintah daerah masih akan lakukan konsultasi publik, untuk melihat sisi positif dan negatifnya.

"Kemarin kita menerima surat permohonan investasi dari Indomaret untuk membuka 1p gerai di Muna Barat," ungkap Bahri.

Baca Juga: HUT ke-192 Kota Kendari Angkat Budaya Lokal

Bahri katakan, atas surat permohonan investasi tersebut ia memanggil asosiasi pemerintah desa untuk mendampinginya guna menyaksikan tidak ada kegiatan transaksi dilakukan.

Untuk itu, pemerintah daerah mengambil kebijakan jika menerima permohonan tersebut dengan catatan seluruh pekerja ialah penduduk Muna Barat dan rekrutmen bekerjasama dengan Dinas Keternagakerjaan dan Transmigrasi, membuka dan menghidupkan UMKM di kalangan masyarakat Muna Barat, produk hasil bumi di Muna Barat dipasarkan oleh Indomaret, misalnya sayur dan buah hasil tanaman masyarakat lokal.

Selain itu, pembangunan gerai akan dilakukan di atas tanah masyarakat dengan metode sewa lahan, serta pengelolaan parkir atau biaya parkir di depan gerai Indomaret akan diserahkan ke pemerintah daerah atau melalui pemerintah desa. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga