Ini Kriteria Calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Versi NasDem

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Ini Kriteria Calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Versi NasDem
Nama-nama anggota DPRD terpilih di Pileg 2024, bakal diusung menjadi calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara periode 2024-2029, yakni Sudarmanto Saeka, Hartini, Syahrul Said, Suparjo, La Ode Tariala dan Irwan. Foto: Kolase

" Siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, DPW NasDem Sulawesi Tenggara tengah menunggu juknis dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) "

KENDARI, TELISIK.ID - DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara menyampaikan kisi-kisi calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara periode 2024-2029, Selasa (2/4/2024).

Diketahui, berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, partai besutan Surya Paloh itu mendudukkan enam legislator terpilih di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2024-2029.

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara, Abdul Azis mengatakan, terkait siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, pihaknya tengah menunggu juknis dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Ada beberapa kriteria yang merupakan tolak ukur, salah satu di antaranya adalah loyalitasnya terhadap partai. Pokoknya kita menunggu juknis tapi salah satunya itu, loyalitas," kata Abdul Azis.

Berdasarkan hasil pleno KPU, Partai NasDem meraup akumulasi suara partai dan calon legislatif DPRD Sulawesi Tenggara terbanyak pada Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024 yaitu sebanyak 179.523 suara.

Baca Juga: Ini Daftar Balon Gubernur Sulawesi Tenggara Paling Populer dan Tertinggi Elektabilitasnya

Pada Pileg 2024, NasDem menempatkan masing-masing satu legislator dari enam Dapil Sulawesi Tenggara berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum.

Adapun enam kursi partai NasDem tersebut diraih oleh Sudarmanto Saeka dari Dapil 1 yang meliputi wilayah pemilihan Kota Kendari dengan jumlah suara 14.583.

Suparjo dari Dapil 2 dengan wilayah pemilihan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Bombana, dengan jumlah suara 9.043.

La Ode Tariala dari Dapil 3 meliputi Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Buton Utara (Butur), jumlah suara 12.628.

Baca Juga: PKS Buka Ruang Balon Wali Kota Kendari untuk Non Kader, Asal Serius

Syahrul Said di Dapil 4 meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton, Wakatobi, Buton Selatan (Busel), dan Buton Tengah (Buteng), dengan jumlah suara caleg 16.406.

Hartini dari Dapil 5 meliputi Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim), dengan jumlah suara caleg 23.696.

Irwan dari Dapil 6 meliputi Kabupaten Konawe, Konawe Utara (Konut), dan Konawe Kepulauan (Konkep), dengan jumlah suara caleg: 6.711. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga