adplus-dvertising

Ini Lima Kandidat Peraih Ballon dOr 2021, Ada yang Siap Usik Messi dan Ronaldo

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 05 Oktober 2021
729 dilihat
Ini Lima Kandidat Peraih Ballon dOr 2021, Ada yang Siap Usik Messi dan Ronaldo
Lionel Messi saat menerima Ballon dOr. Foto: Repro AP

" N'Golo Kante bisa dibilang pemain terpenting Chelsea saat mereka memenangkan Liga Champions musim lalu "

KENDARI, TELISIK.ID - Lima kandidat dalam daftar ini merupakan calon peraih gelar Ballon d’Or 2021 per Oktober.

Ballon d'Or adalah penghargaan individu paling bergengsi dalam sepakbola. Penghargaan ini dibatalkan pada 2020 karena pandemi COVID-19 tetapi akan diadakan lagi pada akhir tahun ini.

Ballon d'Or telah didominasi oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dalam 12 edisi terakhir, Lionel Messi telah memenangkan penghargaan enam kali, sementara Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali. Luka Modric adalah satu-satunya pemain yang berhasil mematahkan dominasi keduanya. Dia memenangkan penghargaan pada tahun 2018.


Pada tahun ini, beberapa pemain telah menunjukkan performa yang konsisten dan beberapanya meraih trofi yang luar biasa bahkan siap mengusik dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada perburuan Ballon d'Or. Berikut lima calon peraih Ballon d’Or per Oktober menyadur Sportkeeda dan Okezone Selasa (5/10/2021).

1. N’Golo Kante

N'Golo Kante bisa dibilang pemain terpenting Chelsea saat mereka memenangkan Liga Champions musim lalu. Dia terpilih emapt kali sebagai Man of the Match mulai dari leg kedua perempatfinal hingga final.

Dia dinobatkan sebagai gelandang terbaik Liga Champions musim ini. Berlari tanpa henti, membuat lawan kesulitan saat berhadapan dengannya. Pemain berusia 30 tahun itu bisa menjadi calon kuat penerima Ballon dOr jika Prancis tak tersingkir lebih awal di Piala Eropa 2020.

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo kini telah menjadi pencetak gol terbanyak internasional. Dia mencetak dua gol saat melawan Republik Irlandia pada 1 September, membuat total golnya saat ini 111.

Ronaldo juga menjalani musim yang apik di musim 2020-2021. Setelah memenangkan penghargaan Capocannoniere dengan mencetak 29 gol dalam 33 penampilan di Liga Italia bersama Juventus, Ronaldo juga memenangkan Golden Boot atau Sepatu Emas di Piala Eropa 2020. Dia mencetak lima gol dalam empat pertandingan saat Portugal tersingkir di babak 16 besar.

Kini, dia kembali ke Man United. Dia telah menyumbang lima gol di seluruh kompetisi untuk Setan Merah. Jika dia mampu membawa Man United meraih Liga Champions atau juara Liga Inggris, peluang Cristiano Ronaldo mendapatkan Ballon d’Or menjadi lebih besar.

3. Jorginho 

Tidak ada pesepakbola yang bisa menandingi pencapaian Jorginho pada musim lalu. Metronom lini tengah Chelsea itu merupakan benteng lapangan saat Chelsea memenangkan gelar Liga Champions. Dia kemudian membantu Tim Nasional Italia menjadi juara di Piala Eropa 2020.

Jorginho juga memenangkan Piala Super Eropa saat Chelsea mengalahkan Villarreal bulan lalu. Gelandang tengah berusia 29 tahun itu juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa 2020-2021.

Baca Juga: Taklukkan Chelsea, Juventus Peringkat Pertama Grup H Liga Champions

Baca Juga: Liga Champions: Cetak Gol Dramatis, Cristiano Ronaldo Bawa MU Kalahkan Villarreal

4. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski bisa dibilang striker terbaik saat ini. Pemain internasional Polandia itu mencetak gol yang luar biasa di musim 2020-2021. Dia memecahkan rekor Gerd Muller yang mencetak gol terbanyak (40) dalam satu musim di Bundesliga.

Lewandowski mencetak 41 hanya dalam 29 penampilan di Liga Jerman dan mencetak 48 gol dan sembilan assist dari 40 penampilan di semua kompetisi. Pemain berusia 33 tahun itu menjadi pemain terbaik Bayern Munich saat mereka menjuarai Bundesliga pada musim 2020-2021.

Pencapaian yang apik pada musim lalu membuat Lewandowski dianugerahi Sepatu Emas Eropa (European Golden Boot).

5. Lionel Messi

Messi memenangkan Sepatu Emas dan penghargaan Pemain Terbaik di turnamen kontinental saat Argentina memenangkan Copa America 2021 setelah 28 tahun tak pernah juara. Messi mencetak empat gol dan memberikan lima assist di turnamen tersebut.

Pada musim 2020-2021, Messi adalah pemain terbaik Barcelona. Dia mencetak 38 gol dan memberikan 14 assist dalam 47 penampilan di semua kompetisi untuk tim Catalan. Messi bisa saja memenangkan Ballon d'Or ketujuh untuk tahun ini.

Lionel Messi baru saja mencetak gol perdananya bersama Paris Saint-Germain (PSG). Gol debutnya bersama raksasa Liga Prancis terjadi saat timnya melawan Manchester City pada laga kedua Grup A Liga Champions 2021-2022 di Stadion Parc des Princes. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga