Ini Lima Partai Suara Terbanyak di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 02 Maret 2024
0 dilihat
Ini Lima Partai Suara Terbanyak di Muna Barat
Penyerahan hasil rekapitulasi ke saksi PDIP sebagai partai terbanyak peroleh suara di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Penetapan pleno hasil rekapitulasi mengeluarkan hasil bahwa terdapat lima partai yang memiliki suara terbanyak di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Penetapan pleno hasil rekapitulasi mengeluarkan hasil bahwa terdapat lima partai yang memiliki suara terbanyak di Muna Barat.

Ketua KPU Muna Barat, Tajudin mengatakan, pleno rekapitulasi yang dilakukan berjalan dengan aman dan tertib, dan hingga penetapan suara sah partai politik tidak ada kejadian khusus yang terjadi.

"Rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kabupaten telah selesai dilaksanakan," ujarnya.

Tajudin menambahkan, setelah dicermati oleh masing-masing saksi partai dan Bawaslu tidak ditemukan perbedaan data dalam melakukan finalisasi dan pencermatan rekap D hasil tingkat kabupaten.

Baca Juga: Ini Perolehan Terbanyak Suara DPR RI dan DPRD Provinsi di Muna Barat

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah melakukan tanda tangan bersama dan penyerahan data kepada masing-masing saksi partai.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara secara keseluruhan pada pemilu 2024 yang ditetapkan KPU Kabupaten Muna Barat diraih oleh PDIP, Golkar, PKB, Partai Nasdem, dan Demokrat.

Ini hasil perolehan suara partai politik untuk DPRD kabupaten yaitu posisi pertama diraih oleh PDIP dengan suara sebanyak 12.311 yakni di dapil satu sebanyak 3.268, dapil dua sebanyak 4.951, dan dapil tiga sebanyak 4.452.

Menyusul partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 7.939 terdiri dari perolehan suara di dapil satu yaitu 1.835, di dapil dua yaitu 2.777, dan dapil tiga yaitu 2.327.

Kemudian, PKB dengan perolehan suara sebanyak 7.751 terdiri dari perolehan suara di dapil satu yaitu 2.169, dapil dua yaitu 2.455, dan dapil tiga yaitu 3.127.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Tekankan PNS Maksimalkan Pelayanan Publik

Selanjutnya, partai Nasdem dengan perolehan suara sebanyak 6.204 terdiri dari perolehan suara di dapil satu yaitu 1.446, dapil dua yaitu 1.940, dan dapil tiga yaitu 2.818.

Untuk posisi ke lima diraih oleh Demokrat dengan perolehan suara sebanyak 4.961 terdiri dari perolehan suara di dapil satu yaitu 2.066, dapil dua yaitu 1.440, dan dapil tiga yaitu 1.445.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, selama dilakukannya pleno rekapitulasi hasil pihaknya melakukan pemantauan dan tidak ditemukan suara yang dikurangi maupun ditambah.

"Proses pleno dilaksanakan mulai dari hari pertama hingga saat ini berjalan sesuai ketetapan," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga