Ini Makanan dan Minuman Penghuni Neraka Disebutkan dalam Al-Qur'an

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
Ini Makanan dan Minuman Penghuni Neraka Disebutkan dalam Al-Qur'an
Di dalam Al-Qur'an Allah SWT menggambarkan keadaan di neraka sebagai tempat siksaan yang sangat pedih, merupakan puncak dari segala kesakitan. Foto: Repro Galamedia.pikiranrakyat.com

" Dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadis, penghuni neraka juga disediakan makan dan minum "

KENDARI, TELISIK.ID - Allah menggambarkan di dalam Al-Qur'an keadaan di neraka sebagai tempat siksaan yang sangat pedih, merupakan puncak dari segala kesakitan.

Neraka dengan berbagai macam siksa di dalamnya, semakin terbayang mengerikan ketika kita mengetahui menu makanan dan minuman yang disediakan untuk penghuninya adalah makanan dan minuman yang amat menjijikan.

Dijelaskan dalam Al-Qur'an, penghuni neraka juga disediakan makan dan minum. Berikut beberapa makanan dan minuman penghuni neraka berdasarkan dalil-dalil shahih dari Al-Qur’an dan hadis Rasulullah SAW, dikutip dari Umma.id.

1. Darah dan Nanah

Allah SWT berfirman:

“..dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya..”  (QS. Ibrahim : 16-17).

Dalam ayat yang lain Allah juga berfirman :

“Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali darah dan nanah.” (QS. Al Haqqah: 35-36).

Sementara dari hadis yang diriwayatkan oleh Asma’ binti Yazid radhiallahu ‘anha, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang minum khamr, maka Allah tidak ridha kepadanya selama 40 malam. Jika ia mati, maka ia mati dalam keadaan kafir. Jika ia mengulangi perbuatannya, maka Allah pasti akan meminumkannya dengan thinatul khabal.” Ditanyakan, ‘Apakah thinatul khabal itu?’ beliau menjawab, ‘Nanah ahli neraka.” (HR. Ahmad, hadist Hasan).

2. Air Seperti Besi yang Mendidih

Allah juga menyebutkan di dalam Al-Qur'an bahwa para penghuni neraka akan diberikan minum dari cairan besi yang sangat panas, yang dapat menghanguskan wajah-wajah mereka.

Baca Juga: Keutamaan Seorang Ibu dalam Islam

Allah SWT berfirman:

“..dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat paling jelek.” (QS. Al Kahfi : 29).

3. Air yang Sangat Panas

Minuman para penghuni neraka lainnya adalah air yang sangat panas. Apabila diminum, akan menembus perutnya sampai memotong segala sesuatu yang ada dalam perutnya.

Allah SWT berfirman:

“Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman dari air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.” (QS. Yunus: 4).

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu juga pernah meriwayatkan sebuah hadis dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

“Air panas benar-benar dituangkan di atas kepala mereka, lalu air panas itu menembus hingga ke perutnya, lalu memotong-motong segala (sesuatu) yag ada dalam perutnya, hingga keluar dari kedua telapak kakinya, dalam keadaan ia menjadi lebur, kemudian dikembalikan seperti sediakala.” (HR. At Tirmidzi 4/106).

4. Pohon Zaqqum (Pohon Berduri)

Sementara makanan yang disediakan bagi penduduk neraka adalah pohon Zaqqum, yaitu sejenis pohon yang penuh dengan duri.

Allah  SWT berfirman:

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas.” (QS. AD Dukhan: 43-46).

Allah juga menjelaskan mengenai makanan penghuni neraka :

“Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri.” (QS. Al Ghasyiyah: 6).

Baca Juga: Inspirasi Nama Islami untuk Anak Perempuan Beserta Artinya

Dalam Surat As-Shaffat: 62-65) Allah SWT berfirman:

“Makanan surga yang disediakan untuk orang-orang mukmin itu lebih baik ataukah pohon zaqqum yang disediakan untuk orang-orang kafir yang lebih baik?

Kami telah menjadikan pohon zaqqum itu sebagai azab bagi orang-orang kafir dan musyrik dalam neraka. Pohon zaqum itu adalah pohon yang tumbuh di dasar neraka jahim. Buahnya seperti kepala setan yang menyeramkan” (QS. As-Shaffat: 62-65).

Melansir Muslimah.or.id, ini menunjukkan, di samping rasa buah ini yang begitu menjinjikkan, bentuknya juga mengerikan. Sampai digambarkan pada ayat ini, buahnya seperti kepala setan.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang disediakan bagi penghuni neraka. Wallahu a'lam. (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga