adplus-dvertising

Ini Makanan Favorit Rasulullah SAW, Berkah dan Menyehatkan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Rabu, 01 Desember 2021
20049 dilihat
Ini Makanan Favorit Rasulullah SAW, Berkah dan Menyehatkan
Anggur adalah salah satu buah kesukaan Rasulullah. Foto: Repro idntimes.com

" Tubuh yang sehat tidak bisa dilepaskan dari pola makan dan pola hidup yang tepat. Dalam hal ini, kita bisa mencontoh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam "

KENDARI, TELISIK.ID -  Tubuh yang sehat tidak bisa dilepaskan dari pola makan dan pola hidup yang tepat. Dalam hal ini, kita bisa mencontoh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Sepanjang hidupnya, Beliau diriwayatkan hanya pernah menderita sakit dua kali. Pertama akibat diracun oleh seorang wanita Yahudi dan yang kedua adalah sakit saat menjelang wafat.

Rahasia sehat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam salah satunya adalah karena makanannya. Beberapa makanan sehat yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW bahkan tertulis jelas dalam Al-Quran. Makanan tersebut dianggap bermanfaat bagi tubuh  karena mengandung banyak nutrisi.


Dilansir detik.com dari Parhlo, berikut ini 10 di antara banyak makanan favorit Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

1. Jali-jali

Jali-jali atau barley adalah sejenis biji-bijian. Rasulullah SAW sangat menyukai jali-jali. Biasanya diolah dalam bentuk sup hangat.

Jali-jali kaya akan karbohidrat dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi jali-jali dapat mengatasi demam.

2. Kurma

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam makan kurma setiap hari. Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Di dalamnya juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, potassium, magnesium zink dan lainnya.

3. Buah Tin

Buah tin disebutkan di Al-Qur'an dalam surat At Tin. Buah ini merupakan kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Khasiatnya juga telah dibuktikan secara ilmiah. Buah ini baik untuk mengatasi sembelit dan ambeien. Nabi Muhammad SAW menyebut buah ini sebagai buah surga.

4. Anggur

Buah anggur mengandung nutrisi seperti karbohidrat, potasium, vitamin C, vitamin K, magnesium dan tembaga. Anggur berkhasiat untuk mencegah radikal bebas, risiko kanker hingga meningkatkan daya ingat.

Karena khasiatnya, Nabi Muhammad SAW menyukai buah anggur. Buah ini dapat berperan untuk memurnikan darah, memberikan kekuatan dan menyehatkan ginjal dan menjernihkannya dari penyakit.

5. Madu

Madu disebutkan di dalam Al-Qur'an, surah An-Nahl ayat 68-69, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon lagi, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia"... Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi mereka yang memikirkan."

6. Susu

Nabi Muhammad SAW sangat suka minum susu. Nabi Muhammad SAW berkata, "Susu menghapus panas dari hatimu, seperti menyeka keringat dari alismu,".

Nabi Muhammad SAW menyukai susu kambing. Kandungan kalium pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Kandungan tersebut dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

7. Jamur

Nabi Muhammad SAW menyukai jamur, tepatnya truffle. Jamur truffle memiliki kandungan karbohidrat, protein dan serat. Selain itu, juga mengandung vitamin C, fosfor, sodium, kalium dan lainnya.

Menurut sabda Nabi Muhammad SAW, jamur berfungsi sebagai obat untuk mata. Selain itu, jamur juga dapat bertindak sebagai sumber pengendalian kelahiran jika diperlukan.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat. Itu karena di dalamnya banyak mengandung antioksidan dan mengandung lemak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri.

Baca Juga: Adakah Taubat yang Ditolak? Ini Penjelasannya

Khasiatnya dapat mengurangi risiko kanker, mencegah stroke, melindungi kesehatan jantung dan mencegah obesitas.

Nabi Muhammad SAW pun mengandalkannya untuk kesehatan kulit dan rambut. Nabi Muhammad SAW berkata, "Minyak zaitun sangat baik untuk menunda penuaan dan berfungsi untuk mengatasi perut yang panas,".

9. Delima

Di dalam delima terdapat kandungan vitamin C, antioksidan, serat hingga agen antiradang. Khasiatnya dapat meredakan nyeri sendi hingga menurunkan tekanan darah.

Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, buah delima dapat membersihkan jiwa manusia dari semua kejahatan, setidaknya selama 40 hari. Selain itu, buah delima juga disebut sebagai salah satu buah termanis dalam hierarkinya.

10. Melon

Selain rasanya yang manis, buah melon baik untuk kesehatan terutama untuk kaum wanita. Nabi Muhammad SAW berkata, "Tidak ada wanita yang makan melon saat hamil akan gagal saat melahirkan anak yang berakhlak mulia,".

Hal itu juga telah dibuktikan secara ilmiah. Melon mengandung vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan tulang belakang janin. Mengonsumsi buah melon juga dapat menghidrasi tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan air.

Selain buah-buahan dan minuman di atas, Rasulullah juga memiliki masakan favorit. Berikut ini masakan kesukaan Nabi Muhammad, dilansir dari NU online.

1. Tharid

Tharid yaitu masakan kaldu dengan isian utamanya kacang chickpea atau kacang Arab. Tharid merupakan hidangan paling disukai Rasulullah. Hal ini juga disebutkan dalam buku Medieval Cuisine of the Islamic World: A Concise History with 174 Recipes (Lilia Zaouali, 2007).

2. Kaki dan paha kambing

Rasulullah sangat menggemari daging kambing, khususnya bagian lengan atau kaki depan dan pahanya.

Menurut hadis yang diriwayatkan Bukhari dari Qadhi Iyadh, Rasulullah menyukai daging bagian kaki dan paha karena bagian itu aromanya khas, rasanya manis, dan jauh dari tempat berbahaya.

3. Talbinah

Talbinah adalah sejenis sup yang terdiri dari lemak, gandum, madu, dan sayur hijau.

Merujuk buku Sehat Ala Nabi: 365 Tips Sehat Sesuai Ajaran Rasulullah (Mohammad Ali Toha Assegaf, 2015), talbinah baik untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengembalikan keseimbangan tubuh yang terganggu,dan memberikan kekuatan karena mengandung energi yang tinggi.

4. Roti gandum

Suatu ketika Rasulullah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumah salah satu istrinya. Ketika mereka berdua sampai, istri Rasulullah mengeluarkan roti gandum.

Rasulullah dan Jabir memakan roti gandum tersebut bersama dengan cuka.

“Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat," kata Rasulullah ketika diberi hidangan roti gandum sebagaimana hadis riwayat Ibnu Majah.

Namun, yang juga perlu diingat bahwa Rasulullah tidak pernah berlebihan dengan makanan-makanan favoritnya itu. Beliau makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makan sekedarnya saja. Tidak lantas memenuhi perut dengan makanan yang disukainya.

Air putih dan madu

Seperti dikutip dari buku Sehat Ala Rasulullah, Beliau memulai paginya dengan mengonsumsi segelas air putih yang dicampur dengan madu asli. Memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun.

Adapun menu makan siang Rasulullah sangatlah sederhana, yaitu minyak zaitun dan dua tetes cuka dan roti gandum yang kira-kira sebesar genggaman tangan.

Kombinasi makanan tersebut terbukti dapat menguatkan tulang, menghancurkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh, dan mencegah kepikunan.

Lalu, untuk makan malam, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran dan segelas susu kental.

Baca Juga: Dekat dengan Al-Qur'an akan Mendatangkan Keberkahan

Setelah makan malam Rasulullah tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti salat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

Rutin puasa dan olahraga

Selain puasa Ramadan, Rasulullah juga sering berpuasa Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang Mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

Rasulullah juga diriwayatkan rutin berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukkan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat.  (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga