Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu
Flu umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa jenis minuman dan makanan yang perlu dihindari agar flu yang kamu alami tidak semakin parah. Foto: Alodokter.com

" Flu merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam "

KENDARI, TELISIK.ID - Flu merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam.

Flu umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar flu yang kamu alami tidak semakin parah.

Ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari ketika terserang flu di antaranya:

1. Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Mengutip Klikdokter.com, menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu.

Baca Juga: Jus Penurun Kolesterol, Enak dan Mudah Dibuat

Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Hal tersebut juga berlaku pada kue kering, permen, es krim, dan makanan manis lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur. Pilih juga camilan yang rendah gula.

2. Susu

Agar gejala flu tidak semakin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasanmu.

Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu. Lebih jauh dari itu, lendir yang dibiarkan mengendap terlalu lama di dalam tubuh berpotensi memicu gejala yang lebih parah. Saat sakit, kamu sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh.

3. Makanan pedas

Dilansir dari Kompas.com, makanan yang pedas karena bisa meningkatkan produksi ingus, namun jika gejala flu sudah membaik, Anda bisa makan makanan yang sedikit pedas agar saluran pernapasan lebih lega

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu. Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek semakin menjadi-jadi.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Daging

4. Minuman yang mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soda, karena bisa membuat tubuh dehidrasi ringan sehingga akan menghambat proses penyembuhan.

5. Makanan berminyak

Makanan berminyak lebih sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan gejala tambahan pada perut. Selain itu makanan berminyak juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Sebagai informasi, penanganan pada penyakit flu bersifat simptomatik. Artinya, untuk menyembuhkan flu, yang perlu dilakukan adalah mengobati gejala yang ada. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga