Ini Penyebab Allah Turunkan Musibah

Haerani Hambali, telisik indonesia
Rabu, 04 September 2024
0 dilihat
Ini Penyebab Allah Turunkan Musibah
Banjir bandang di Kabupaten Tanah Datar, menyebabkan timbulnya korban jiwa, rusaknya fasilitas umum, lahan pertanian dan perikanan serta rumah masyarakat. Foto: Repro infosumbar.net

" Tak ada musibah yang terjadi kecuali atas izin Allah. Musibah yang terjadi, bisa jadi adalah peringatan untuk diambil pelajaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Musibah dan bencana adalah salah satu sunnatullah. Tak ada musibah yang terjadi kecuali atas izin Allah. Musibah yang terjadi, bisa jadi adalah peringatan untuk diambil pelajaran.

Sebagai pedoman hidup umat Islam, Al-Quran pun telah mencatat peristiwa-peristiwa masa lalu terkait bencana alam, agar menjadi pelajaran bagi manusia. Lewat Al-Quran, Allah SWT menjelaskan berbagai faktor penyebab terjadinya bencana alam di zaman nabi-nabi terdahulu.

Berikut empat hal yang menjadi penyebab terjadinya bencana alam menurut Al-Quran, dikutip dari Dompetdhuafa.org.

1. Perbuatan Manusia

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum: 41).

Sesuai ayat di atas, Allah menjelaskan bahwa penyebab terjadinya bencana alam adalah karena perbuatan manusia sendiri. Bahkan, di masa ini hal-hal itu dapat dibuktikan secara ilmiah. Hutan yang digunduli, pembakaran bahan bakar fosil yang berlebihan, berkurangnya daerah resapan air, itu semua adalah perbuatan manusia yang menyebabkan terjadinya bencana alam.

Baca Juga: 6 Doa Dibaca saat Rabu Wekasan, Lengkap dengan Terjemahannya

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). [asy-Syura/42:30].

Dikutip dari almanhaj.or.id, Imam Ibnu Katsir rahimahullah tentang tafsir ayat ini mengatakan, “Musibah-musibah apa saja yang menimpa kamu wahai Adam, itu hanyalah karena keburukan-keburukan yang telah kamu lakukan. ‘Dan Allah memaafkan sebagian besar’, dari kesalahan-kesalahan, sehingga Dia tidak membalas kesalahan-kesalahan kamu, bahkan Dia memaafkannya”.

2. Banyaknya Dosa

Penggalan Al-Quran surah Al-An’am ayat 6 yang berbunyi “..dan Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri..” menunjukkan bahwa bencana yang terjadi pada suatu kaum disebabkan oleh menumpuknya dosa-dosa yang mereka lakukan.

Baca Juga: Cara Melatih Keimanan Anak Dicontohkan Rasulullah

3. Mendustakan Agama dan Rasul Allah

“Kemudian Kami berfirman kepada keduanya: “Pergilah kamu berdua kepada kaum yang mendustakan ayat-ayat Kami”. Maka Kami membinasakan mereka sehancur-hancurnya. Dan (telah Kami binasakan) kaum Nuh tatkala mereka mendustakan rasul-rasul. Kami tenggelamkan mereka dan kami jadikan (cerita) mereka itu pelajaran bagi manusia. Dan Kami telah menyediakan bagi orang-orang zalim azab yang pedih.” (QS. Al-Furqan: 36-37).

Ayat di atas menunjukkan bahwa Allah SWT akan menjatuhkan bencana, bisa dalam bentuk apa pun, kepada umat manusia yang mengingkari agama beserta utusan-Nya. Dalam ayat tersebut, Allah mencontohkan kaum Nabi Nuh yang tidak memedulikan ajaran Nabi Nuh, bahkan mereka secara terang-terangan menolak ajaran sang nabi dan menantangnya untuk mendatangkan azab.

4. Kasih Sayang Allah

Tak sedikit orang yang mengartikan bencana alam adalah bentuk dari kemurkaan Allah atas perbuatan buruk manusia. Padahal sebaliknya, hal ini adalah bentuk kasih sayang Allah kepada umat-Nya. Bencana termasuk juga musibah, dan ini juga merupakan peringatan dari Allah agar manusia kembali ke jalan-Nya. Dengan adanya musibah, Allah menghadirkan kesadaran kita bahwa kuasa-Nya melebihi apa pun, sehingga manusia perlu kembali kepada-Nya. (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga