Ini Penyebab Batuk Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 27 Agustus 2022
0 dilihat
Ini Penyebab Batuk Terus Menerus dan Cara Mengatasinya
Batuk yang terus menerus dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena alergi. Foto: Repro lifeboy.co.id

" Pada kondisi yang lebih berat, batuk terus menerus bisa menjadi tanda penyakit kanker paru-paru hingga bronkitis kronis "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang adalah batuk. Bukan satu atau dua hari, tapi seringkali juga batuknya terus menerus.

Dikutip Liputan6.com, penyebab batuk terus menerus adalah masalah kesehatan yang cukup membahayakan, ini tidak boleh disepelekan.

Batuk terus menerus yang berlangsung dalam hitungan minggu, bulan, dan tahun bisa jadi adalah selesma, postnasal drip, asma, asam lambung, pneumonia, rejan, dan masih banyak lagi.

Pada kondisi yang lebih berat, batuk terus menerus bisa menjadi tanda penyakit kanker paru-paru hingga bronkitis kronis.

Selain berbahaya, batuk yang terjadi dalam waktu lama dan terjadi terus menerus sangat mengganggu aktivitas keseharian.

Baca Juga: Awas, Ini Penyebab dan Gejala Flu Burung pada Manusia

Untuk memastikan penyebab batuk terus-menerus, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, baik melalui pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Beberapa tes penunjang yang mungkin saja diperlukan, seperti foto rontgen dada, CT scan, tes darah, pemeriksaan dahak, dan tes fungsi paru.

Setelah diagnosis ditentukan, barulah dokter akan meresepkan obat-obatan atau tindakan medis tertentu untuk mengobati penyebab batuk kronis.

Pada umumnya, batuk terus menerus bisa membaik setelah penyebab yang mendasarinya diobati.

Selain itu, ada juga beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala batuk terus menerus, dilansir dari alodokter.com.

- Perbanyak asupan cairan, misalnya air putih atau teh hangat untuk mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan.

- Hisap permen pereda batuk untuk meredakan iritasi tenggorokan.

- Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung bila menderita asam lambung, seperti makanan pedas dan asam serta minuman berkafein.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

- Hindari kebiasaan merokok dan jauhi lingkungan perokok.

- Jaga kelembapan udara untuk melegakan saluran pernapasan. Jika tidak memungkinkan, mandilah dengan air hangat atau hirup uap air panas.

- Bila perlu gunakan humidifier, terutama jika Anda sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

Jangan abaikan batuk terus menerus yang sudah berlangsung lama, terutama bila disertai dengan gejala lain, seperti batuk berdarah atau sesak napas. Segeralah periksakan diri ke dokter agar penanganan dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga