Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Hitam atau Gelap

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Hitam atau Gelap
Ketiak yang hitam bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri berkurang. Terlebih bagi Anda yang gemar memakai pakaian tanpa lengan. Foto: Repro Orami.com

" Ada banyak penyebab ketiak hitam, dari mulai pemakaian deodoran yang salah, teknik mencukur yang salah, dan sebagainya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bagi sebagian orang, memiliki ketiak gelap adalah hal yang cukup memalukan. Apalagi saat menggunakan pakaian tank top, orang jadi enggan untuk mengangkat lengannya dan sulit menikmati suasana di sekitarnya.

Ada banyak penyebab ketiak hitam, dari mulai pemakaian deodoran yang salah, teknik mencukur yang salah, dan sebagainya. Namun, bagaimana cara mengatasi kulit ketiak hitam dan mengembalikannya ke warna yang asli?

Mengutip dari Alodokter.com, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketiak menjadi hitam, di antaranya:

1. Iritasi kulit ketiak

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum adalah sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Hal tersebut dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan.

2. Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika seseorang banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan obesitas.

Baca Juga: Malu Payudara Besar, Wanita Korea Utara Senang Punya Bulu Ketiak Panjang

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

4. Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut acanthosis nigricans. Orang yang memiliki kondisi ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya pun tidak hanya di ketiak, melainkan juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi warna ketiak yang menggelap. Bila kamu ingin hasil yang lebih cepat, kamu mungkin akan membutuhkan pengobatan dan perawatan dari dokter. Namun bila Anda khawatir akan efek sampingnya, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami.

Dikutip dari Detik.com, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ataupun merubahnya:

1. Ganti Deodoran

Deodorant atau antiperspirant seringkali menjadi pemicu ketiak gelap. Kamu bisa menggantinya dengan merek lain atau mempertimbangkan alternatif yang lebih alami, seperti penggunaan baking soda atau cuka sari apel.

2. Berhenti Mencukur

Mencukur ketiak dapat menyebabkan iritasi atau lecet pada kulit karena silet tajam yang perlu digunakannya. Kamu dapat mencoba waxing atau laser penghilang rambut sebagai gantinya.

Baca Juga: Unik: Ketiak Wanita Ini Dapat Mengeluarkan ASI Usai Melahirkan

3. Lakukan Eksfoliasi

Cara memutihkan ketiak selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah pengikisan kulit mati. Dengan melakukan eksfoliasi, kamu dapat menghilangkan kulit-kulit mati yang menumpuk dan menghasilkan tampilan yang lebih cerah.

4. Kenakan Pakaian yang Longgar

Seringkali, pakaian yang ketat juga menjadi penyebab ketiak menghitam. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara baju yg ketat dan kulit. Karena itu, penting untuk mengganti jenis pakaian ke pakaian yang longgar.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat memberi efek buruk, termasuk pigmentasi berlebih pada area tertentu seperti ketiak. Karena itu, jika kamu memang perokok, sebaiknya dikurangi, ya! (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga