Ini Perbandingan Harga Senjata Bom Israel dan Roket Hamas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 10 November 2023
0 dilihat
Ini Perbandingan Harga Senjata Bom Israel dan Roket Hamas
Israel memiliki sepuluh baterai Iron Dome yang diposisikan di seluruh negeri sebagai perlindungan bagi warganya dan infrastruktur sipil. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Israel dan sekutunya Amerika Serikat menghabiskan miliaran dolar untuk mengembangkan Iron Dome. Kubah Batu akan bekerja dengan meluncurkan rudal untuk mencegat senjata itu masuk ke wilayah Israel "

GAZA, TELISIK.ID - Israel tak henti-hentinya melakukan serangan bom kepada warga Palestina di Gaza yang memakan puluhan ribu korban. Namun, baru-baru ini sebuah video viral menunjukkan senjata bom Israel, Iron Dome mengalami malfungsi saat hendak menyerang Gaza.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, Middle East Monitor melaporkan rudal pencegat yang diluncurkan Iron Dome berputar-putar di langit dan mendarat di Rishon LeZion. Peluru kendali itu lantas merusak bangunan setempat.

Israel tercatat memiliki sepuluh baterai Iron Dome yang ditempatkan di seluruh negeri untuk melindungi warga dan infrastruktur sipil. Rudal yang diluncurkan dari sistem pertahanan udara ini disebut menghabiskan banyak biaya.

Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan Israel untuk satu rudal dari Iron Dome?

Baca Juga: Fasilitas Umum Rusak Usai Dibombardir Israel, Mesir Kutuk Diamnya Dunia Internasional

Situs yang fokus di isu militer Air and Space Forces Magazine menyebut Israel dan sekutunya Amerika Serikat menghabiskan miliaran dolar untuk mengembangkan Iron Dome. Kubah Batu akan bekerja dengan meluncurkan rudal untuk mencegat senjata itu masuk ke wilayah Israel.

Salah satu rudal yang digunakan adalah misil pelacak yang dinamai Tamir. Harga rudal Tamir sekitar US$20.000 atau sekitar Rp 312 juta hingga US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar per peluru kendali.

Beberapa sumber menyebut dua Tamir diluncurkan untuk setiap proyektil yang masuk guna memastikan keberhasilan. Israel enggan membeberkan rincian semacam itu, tetapi jika informasi itu benar berarti biaya yang dikeluarkan untuk setiap tembakan bisa mencapai dua kali lipat, US$40.000 atau sekitar Rp 625 juta hingga US$200.000 (sekitar Rp 3 miliar).

Sementara itu, dikutip dari Hops.id, mantan ketua pusat penelitian luar angkasa Fisher Institute, Tal Inbar, memperkirakan biaya pencegat Iron Dome berkisar antara US$50.000 (sekitar Rp780 juta) hingga $100.000 (sekitar Rp1,5 miliar) per misil.

Dikutip dari Times of Israel, Iron Dome Israel menembakkan sekitar 1.650 rudal dari 7-22 Oktober untuk mencegat serangan roket Hamas.

Sebanyak 1.100 rudal mampu mencegat roket Hamas di atas wilayah Israel. Sementara 550 rudal Iron Dome gagal mencegat roket Hamas. Dengan demikian biaya untuk menembakkan 1.650 rudal itu sebesar US$16,5 juta (setara Rp 2,6 triliun).

Baca Juga: Aktivis Palestina Ahed Tamimi Ditangkap Israel

Harga roket Hamas jauh lebih murah

Musuh bebuyutan Israel, Hamas, menembakkan roket dengan harga yang jauh lebih rendah. Pakar rudal dari Israel Uzi Rubin mengatakan, biaya roket jarak pendek yang diluncurkan Hamas berkisar antara US$300 atau sekitar Rp 4,6 juta hingga US$800 atau sekitar Rp 12 juta per roket, demikian dikutip Anadolu Agency.

Lebih lanjut, Rubin menunjukkan bahwa roket terbaik Hamas "dibuat dengan relatif sederhana" dan "murah." Namun, Rubin meyakini Hamas mengeluarkan banyak biaya saat meluncurkan roket jarak panjang ke wilayah Israel.

Times of Israel melaporkan bahwa Hamas total menembakkan sekitar 7.400 roket dari 7-22 Oktober ke wilayah Israel dan hanya sedikit yang berhasil menembus wilayah pendudukan Zionis. Dengan demikian, jika dirinci dengan harga rata-rata US$500 per roket, Hamas menghabiskan biaya hingga US$3,7 juta (Rp 58,9 miliar) menembakkan 7.400 roket. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga