Ini Pesan Rektor UHO pada Mahasiswa yang Wisuda

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Ini Pesan Rektor UHO pada Mahasiswa yang Wisuda
UHO Kendari kembali menggelar wisuda pada gelombang kedua dengan jumlah 1.247, setelah melaksanakan prosesi wisuda pada gelombang pertama dengan jumlah 1.294 untuk periode Januari-April 2023. Foto: Ist.

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kembali melaksanakan wisuda pada gelombang kedua dengan jumlah 1.247, setelah melaksanakan prosesi wisuda pada gelombang pertama dengan jumlah 1.294 untuk periode Januari-April 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kembali melaksanakan wisuda pada gelombang kedua dengan jumlah 1.247, setelah melaksanakan prosesi wisuda pada gelombang pertama dengan jumlah 1.294 untuk periode Januari-April 2023.

Sehingga total keseluruhan sebanyak 2.541 wisudawan. Meski diterpa kondisi cuaca yang berubah-ubah, namun suasana di dalam gedung Auditorium tetap meriah dalam menyambut kelulusan sebagai alumni UHO.

Apa lagi pada saat nama-nama wisudawan dipanggil, untuk dipindahkan posisi togah yang disertai dengan tahun kelulusan, riuh tepuk tangan tampak bergemuruh terdengar dari para orang tua pendamping di luar gedung yang menyaksikan acara melalui televisi dan layar lebar.

Baca Juga: 1.247 Alumni UHO Diwisuda Hari Kedua

Tak hanya itu, tampak di luar gedung sebelah kiri-kanan Auditorium dipadati sanak saudara dan keluarga para wisudawan dan wisudawati yang menunggu untuk melakukan foto bersama.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, wisuda bukan akhir dari perjuangan tetapi awal untuk menapaki perjuangan selanjutnya. Apa lagi belajar merupakan peristiwa mental, proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon.

Tetapi merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan dorongan mental yang dikendalikan oleh otak, ketulusan hati dan diniatkan membantu sesama.

“Terus bekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai, agar bisa lebih baik, selalu kreatif, inovatif dan adaptif terhadap pembaruan,” pesannya, Kamis (4/5/2023).

Zamrun mengimbau kepada para wisudawan dan wisudawati untuk mendukung program Tracer Study Alumni UHO melalui pengisian data di laman tracer.uho.ac.id.

Sebab, Tracer study dijadikan sebagai salah satu indikator kinerja perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di mana tracer study ditujukan untuk melacak jejak lulusan atau alumni yang dilakukan 2 tahun setelah kelulusan.

Hasil tracer study tersebut akan membantu UHO dalam mengetahui posisi lulusan yang terserap di dunia kerja serta menyiapkan kompetensi lulusan sesuai dengan yang diperlukan di dunia kerja.

“Partisipasi dan keterlibatan alumni sangat mendukung kemajuan UHO ke depannya sehingga itu tak bisa kita abaikan," katanya.

Salah seorang peserta wisuda dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Abdul Kolono merasa bersyukur bisa sampai pada tahap itu. Apa lagi waktu studi dalam menjalani proses akademik selama di kampus cukup lama, tetap tak bisa menyembunyikan rasa haru dan gembiranya karena bisa mewujudkan mimpi dan harapan khususnya orang tua.

"Ini semua tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua, untuk kami bisa menyelesaikan pendidikan ini," katanya usai wisuda.

Tak hanya itu, ia juga tetap optimis bisa menjalani kehidupan nyata dalam mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan selama bermahasiswa.

Baca Juga: Elfiana Seti jadi Wisudawan Terbaik UHO Kendari, Raih IPK 3.88

"Tri darma perguruan tinggi kan menuntun kita, selain pendidikan, penelitian juga pengabdian kepada masyarakat. Sehingga aplikasi keilmuan sangat penting di tengah masyarakat," jelasnya.

Sementara salah seorang peserta wisuda lain dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Mega Salfia mengharapkan kepada mahasiswa yang lain agar lebih fokus kepada tujuan mencapai gelar sarjana.

"Ini akan lebih bermanfaat jika selama bermahasiswa kita manfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada. Apa lagi saya kan angkatan 2019, Alhamdulillah bisa selesai cepat waktu," katanya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga