Ini Posisi Seks yang Aman untuk Ibu Hamil

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Ini Posisi Seks yang Aman untuk Ibu Hamil
Kehamilan bukan penghalang untuk tetap melakukan aktivitas seksual, namun dengan tetap memerhatikan gaya bercinta yang aman bagi ibu hamil. Foro: Repro Halodoc.com

" Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan diterbitkan di Canadian Medical Association Journal menemukan jika posisi hubungan intim yang cukup aman adalah misionaris "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi hamil bukan menjadi penghalang terhadap aktivitas seksual. Suami istri tetap boleh melakukan hubungan seks asal dengan cara yang aman, termasuk dalam segi posisi.

Dilansir dari Fimela.com, penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan diterbitkan di Canadian Medical Association Journal menemukan jika posisi hubungan intim yang cukup aman adalah missionaris.

Meski posisi ini dikatakan aman, namun pasangan suami istri tetap harus hati-hati saat melakukannya. Pasangan suami istri yang melakukan seks dengan posisi misionaris disarankan untuk melakukannya dengan pelan.

Ini demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Meski posisi ini membuat suami harus berada di atas tubuh istri, keduanya tetap bisa melakukannya dengan posisi ternyaman. Tanpa khawatir suami bisa menekan perut istri atau janin di kandungan.

Di kehamilan trimester pertama, posisi ini bisa dilakukan dengan baik. Di trimester kedua dan ketiga, pasangan suami istri sebaiknya lebih hati-hati. Disarankan agar Anda menggunakan bantal di bawah punggung untuk menopang tubuh demi keaamanan serta kenyamanan.

Baca Juga: Ini Bahayanya Berhubungan Seks Saat Haid

Selain misionaris, ada beberapa posisi hubungan intim yang tak kalah aman untuk ibu hamil. Posisi tersebut antara lain women on top, rear entry, standing atau berdiri dan seated. Pasangan penting untuk mengomunikasikan hal ini demi kenyamanan bersama.

Bila perlu, tetap pantau keamanan kandungan dengan memeriksakannya secara rutin di bidan atau dokter terkait.

Dikutip dari Kumparan.com, hindari posisi apapun yang mengharuskan ibu hamil dalam posisi tengkurap. Atau posisi lainnya yang tidak disarankan oleh dokter kandungan sesuai kondisi kehamilan masing-masing.

Baca Juga: 6 Risiko Cedera Saat Berhubungan Seks

Bercinta saat hamil juga tidak nyaman karena faktor payudara yang 'melunak'. Sehingga, bisa jadi pasangan jadi tidak nyaman untuk melakukan penetrasi terlalu dalam.

Jadi, bila ingin melakukan seks dengan nyaman dan aman, pilihlah posisi dengan berbaring miring, baik saling berhadapan maupun berlawanan dengan pasangan.

Jadi, sebelum berhubungan seks, komunikasikan tentang posisi apa yang diinginkan. Sebab, bila memaksakan posisi seks tertentu dikhawatirkan bisa membuat wanita stres, yang akhirnya berpengaruh ke janin. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga