Ini Program Unggulan La Ode Muhammad Amsar Bagi Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 19 Juli 2024
0 dilihat
Ini Program Unggulan La Ode Muhammad Amsar Bagi Muna Barat
Calon bupati Muna Barat, La Ode Muhammad Amsar mempunyai beberapa program unggulan bagi masyarakat Muna Barat. Foto: Ist

" Wujud keseriusan dalam membangun Muna Barat (Muba), calon bupati La Ode Muhammad Amsar menggaungkan program unggulan Mubar mandiri dan kampanye kesehatan massal "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Wujud keseriusan dalam membangun Muna Barat (Muba), calon bupati La Ode Muhammad Amsar menggaungkan program unggulan Mubar mandiri dan kampanye kesehatan massal.

Calon bupati Muna Barat, La Ode Muhammad Amsar mengatakan, program unggulan itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sektor.

Dalam program unggulan Mubar mandiri itu terdiri dari pemerataan infrastruktur yaitu pembangunan jalan aspal desa dan jalan usaha tani dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat, terutama di daerah pedesaan yang seringkali terisolasi dari pusat-pusat ekonomi. Sehingga dengan infrastruktur yang lebih baik, sehingga dapat membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Kantongi Rekomendasi, Ini 9 Program Unggulan Rajiun-Purnama

Kemudian, pembangunan industri pertanian dan perikanan menjadi fokus dalam menciptakan lapangan kerja skala besar dengan memanfaatkan potensi alam yang ada, program ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan perekonomian lokal, serta menjadikan Muna Barat sebagai salah satu pusat produksi pertanian dan perikanan di Indonesia.

Tak hanya itu, ia juga mencanangkan pemberian kredit modal usaha (UMKM) dengan kisaran Rp 1 juta hingga Rp 500 juta sehingga dapat mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah, serta pendidikan gratis hingga jenjang kuliah bagi pelajar yang berprestasi.

Amsar juga menyebutkan, program peningkatan dana desa BKK dengan kisaran Rp 150 juta per desa, memberikan pelayanan infrastruktur dasar mulai dari jaringan internet, air bersih, dan listrik terlebih di wilayah kepualauan, pelayanan sentra masyarakat satu pintu yang mampu menyelesaikan semua jenis administrasi dalam satu jam, serta mengembangkan wisata Muna Barat menjadi destinasi wisata global.

Selanjutnya, pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Muna Barat dan penempatan bidan serta perawat di setiap desa.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, terutama di daerah-daerah terpencil," ujarnya via WhatsApp, Jumat (19/7/2024).

Kemudian, ia akan melakukan konsep kampanye kesehatan massal dengan mengadakan Posyandu Keliling dan pemerikasaan rutin di setiap desa, gerakan desa bebas stunting dengan memberikan makanan tambahan bagi anak dan ibu hamil, pelatihan kader kesehatan desa, bersih desa bersama dengan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan desa, mengurangi risiko penyakit, dan mempererat solidaritas antarwarga.

Melaksanakan program kesehatan lansia, gerakan sekolah sehat, kampanye hidup sehat melalui olahraga, kelas gizi dan masak sehat, layanan kesehatan gratis mingguan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sehat mental, sehat pekerjaan, sehat pikiran dan sehat dompet.

Baca Juga: 26 Sekolah di Muna Barat Dipimpin Guru Penggerak

Untuk itu, ia berharap melalui program unggulan dan konsep kampanye kesehatan massal dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Muna Barat, meningkatkan kualitas hidup, dan mewujudkan Muna Barat yang lebih sehat dan mandiri.

Sementara itu, program yang diusungkan tersebut sangat diterima dengan baik oleh masyarakat, sebab ini sangat pro terhadap masyarakat.

"Kami menunggu beberapa calon bupati yang memang mementingkan kesejahteraan masyarakat bukan hanya duduk semata tetapi tidak memperhatikan masyarakat," ujar salah satu warga, Hasan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga