Ini Rahasia Cristiano Ronaldo Tetap Prima di Usia 37 Tahun

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 25 November 2022
0 dilihat
Ini Rahasia Cristiano Ronaldo Tetap Prima di Usia 37 Tahun
Cristiano Ronaldo mencetak gol di laga Portugal kontra Ghana Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Repro REUTERS

" Kemampuan CR7 tidak terlepas dari rahasia dia menjaga tubuhnya tetap prima meski sudah memasuki usia yang sudah tidak muda lagi "

JAKARTA, TELISIK.ID – Pemain sepakbola kelas dunia saat ini sedang menunjukkan kegigihannya di Piala Dunia 2022 di Qatar, termasuk Cristiano Ronaldo. Dia pun berhasil mencetak gol saat melawan Ghana dan membawa Portugal meraih kemenangan 3-2 pada laga yang dihelat di Stadium 974, Kamis (24/11/2022).

Dikutip dari bola.net, saat menghadapi Ghana pada penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 tadi malam, terdapat sejumlah pemain Portugal yang memiliki rating tertinggi, salah satunya adalah Cristiano Ronaldo.

CR7 - julukan Cristiano Ronaldo - mencetak gol pembuka kemenangan timnya pada laga ini. Gol tersebut datang melalui sepakan penaltinya pada menit 65. Penalti ini berawal dari pelanggaran pemain belakang Ghana kepada eks penggawa Manchester United tersebut. Total, pada laga ini, ia dilanggar sebanyak tiga kali, salah satu yang terbanyak.

Selain mencetak gol, Ronaldo juga tergolong apik dalam mendistribusikan bola. Pemain berusia 37 tahun ini melepas 19 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 78,9 persen.

Kemampuan CR7 ini tidak terlepas dari rahasia dia menjaga tubuhnya tetap prima meski sudah memasuki usia yang sudah tidak muda lagi.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Pembuktian Ronaldo Bawa Portugal Habisi Ghana

Dilansir Detik.com dari berbagai sumber, berikut beberapa rahasia tubuh Cristiano Ronaldo tetap prima meski sudah tidak muda lagi:

1. Olahraga rutin

Dikutip dari GOAL, Ronaldo membiasakan dirinya untuk selalu berolahraga terlepas dari pekerjaannya sebagai atlet. Ronaldo juga mengingatkan agar selalu memulai olahraga dengan pemanasan agar tidak cedera.

"Dalam latihan, kami melakukan beberapa putaran di lapangan, peregangan dan latihan pemanasan kardio," ungkapnya.

Mega bintang Timnas Portugal ini mengatakan, olahraga tak boleh berhenti meski sedang tidak berada di gym. Ia bahkan mencontohkan olahraga bisa dilakukan di tempat tidur ketika bangun atau sebelum tidur.

2. Berenang usai bertanding

Tak hanya duduk dan bersantai, Ronaldo kerap dilaporkan langsung pergi ke kolam renang usai bertanding. Kebiasaan itu tak hanya membantunya rileks setelah menjalani pertandingan, tetapi juga untuk membangun fisiknya tetap bugar seperti sekarang.

3. Menjaga pola makan

Memegang teguh slogan 'you are what you eat', pola makan Ronaldo juga tidak sembarangan. Ia mengatakan, latihan harus dikombinasikan dengan makanan yang bergizi tinggi dan dia menghindari makanan manis.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Malam Ini, Beban Berat Ronaldo hingga Pelatih Brazil Berdoa di Masjid

Pemain Portugal ini memiliki ahli diet pribadi yang telah bekerja dengannya sejak hari-harinya di Real Madrid. Ia makan enam porsi kecil sehari - atau satu porsi setiap tiga sampai empat jam.

Untuk sarapannya, Ronaldo menyukai keju, ham, yoghurt rendah lemak, serta banyak buah dan roti bakar alpukat.

Nah, itulah beberapa hal yang dilakukan Cristiano Ronaldo hingga mampu memiliki tubuh dan stamina yang tetap bugar meski usianya sudah tidak muda lagi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga