Ini Rahasia Nur Rachmatiya Rosa Zahra Wisudawan Terbaik UHO Bisa Punya IPK Tinggi

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Jumat, 05 Mei 2023
0 dilihat
Ini Rahasia Nur Rachmatiya Rosa Zahra Wisudawan Terbaik UHO Bisa Punya IPK Tinggi
Nur Rachmatiya Rosa Zahra salah satu wisudawan terbaik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, dengan IPK 3,94. Foto: Ist.

" Nur Rachmatiya adalah mahasiswi Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya. Dia berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 3,94 dan lama studi 3 tahun 8 bulan "

KENDARI, TELISIK.ID - Nur Rachmatiya Rosa Zahra merupakan salah satu wisudawan terbaik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Dia diwisuda pada gelombang kedua periode Januari-April 2023 bersama 1.246 wisudawan lainnya.

Nur Rachmatiya adalah mahasiswi Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya. Dia berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 3,94 dan lama studi 3 tahun 8 bulan.

Anak pertama dari dua bersaudara ini merasa sangat bangga dengan pencapaiannya. Menjadi sarjana dan menjadi yang terbaik adalah salah satu harapan yang paling dinanti-nantikan bagi Rachmatiya dan keluarga.

Prestasi ini merupakan hasil dari usahanya selama menjalani proses akademik. Bukan saja telah membanggakan orang tuanya, tetapi juga mengharumkan nama Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

"Ini yang saya tunggu-tunggu dan harapkan. Saya tidak menyangka bisa menjadi wisudawan terbaik universitas. Orangtuaku sangat bangga. Saya bahagia bisa membuat mereka bangga," tuturnya.

Semasa kuliah, Nur Rachmatiya aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Inggris dan mengikuti program pertukaran pelajar Merdeka Belajar di empat universitas. Salah satunya adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga: Ini Tips Muhammad Daffa Rahmatullah Wisudawan Terbaik UHO Kendari

Untuk mempertahankan IPK agar tetap bagus, Nur Rachmatiya punya kiat khusus. Dia selalu mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen saat proses belajar mengajar, untuk dipelajari kembali saat di rumah, agar selalu diingat.

Selain itu, Rachmatiya rutin menonton video berbahasa Inggris untuk menambah vocabulary atau perbendaharaan kata.

"Tipe belajar orang berbeda-beda kan, kalau saya tipe orang yang lebih gampang menyerap pengetahuan dari video yang saya tonton," ujarnya.

Ia menjadikan itu sebagai kebiasaan dan rutinitas. Tak lupa, ia mencatat hal-hal kecil yang disampaikan oleh dosen. Untuk mempertahankan IPK-nya tetap bagus, ia selalu aktif di kelas.

Untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya, Rachmatiya nerencana akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Namun jika tidak memungkinkan, Universitas Gajah Mada adalah pilihannya untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2.

"Kami sebagai orang tua tentu sangat bangga melihat capaian mereka, apa lagi dia berhasil meraih cita-cita yang sedari awal diharapkan," ucap ayah Rachmatiya, Rola Pola Anto.

Baca Juga: Elfiana Seti jadi Wisudawan Terbaik UHO Kendari, Raih IPK 3.88

Ia tidak menyangka anaknya bisa menjadi lulusan terbaik di Universitas Halu Oleo. Dia pun berharap apa yang dicita-citakan anaknya dimudahkan dan dilancarkan.

Sementara ibunya, Sartin, selalu mendorong apa yang menjadi target dan keinginan Rachmatiya.

"Kami sebagai orang tua selalu mendoakan dan menginginkan yang terbaik, apa lagi untuk pendidikannya," ujarnya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga