Ini Sejarah Penting Umat Islam di Bulan Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
0 dilihat
Ini Sejarah Penting Umat Islam di Bulan Ramadan
Mubalig Sultra, Muhammad Yasin, S.Pd, M.Pd. Foto: Ist

" Pada bulan itu pula, utusan Bani Tsaqif di Thaif datang menghadap Rasul SAW menyatakan keislaman mereka. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sepanjang sejarah peradaban Islam, bulan Ramadan bukan hanya bulan seremoni yang di dalamnya ada kewajiban ibadah puasa saja, tetapi merupakan bulan perjuangan bagi Umat Islam.

Lalu, peristiwa penting apa saja yang terjadi di Bulan Ramadan dalam sejarah Islam. Berikut penjelasan Mubalig Sultra, Muhammad Yasin, S.Pd, M.Pd.

Menurut Muhammad Yasin, bahwa Ramadan bulan perjuangan sebagaimana yang terekam dalam sejarah, semenjak Rasulullah di utus ke muka bumi untuk membahas dakwah Islam, sehingga banyak sekali yang penting yang terjadi di bulan Ramadan.

Diantaranya adalah persiapan perang Khandaq yang dilakukan pada bulan Ramadan tahun ke-5 Hijriah (H). Dalam peperangan ini, Rasulullah bersama kaum muslim melawan pasukan sekutu antara Quraisy dan Ghathafan.

Berikutnya, pembebasan Kota Makkah atau yang dikenal dengan fathul Makkah pada tanggal 20 Ramadan 8 H. Di sini, Nabi dan para sahabat berhasil juga menjadikan momentum Ramadan sebagai momentum pembebasan kota Mekah.

Hanya selang setahun, pada bulan Ramadan 9 H, Rasul dan para sahabat kembali terjun di medan perang, yakni perang Tabuk.

"Pada bulan itu pula, utusan Bani Tsaqif di Thaif datang menghadap Rasul SAW menyatakan keislaman mereka," katanya, Selasa (21/4/2020).

Setelah itu, di tahun berikutnya Rasul kembali memperluas dakwah Islam dengan mengutus Ali bin Abi Thalib membawa surat dan mengirimkan dakwah ke Yaman khusus untuk Bani Hamdan, dan dalam satu hari penduduk Bani Hamdan menyatakan keislaman mereka pada bulan Ramadan 10 H.

Baca juga: WHO Sebut COVID -19 di Indonesia Bahaya, MPR: Pemda Perketat Isolasi

Lima tahun berikutnya, lanjut dia, kaum muslimin kembali maju di medan perang sebagai bentuk menyebarkan dakwah Islam, yakni perang qadisiyyah. Dimana, kaum Muslimin yang dipimpin Sa'ad bin Abi Waqash meraih kemenangan di perang Qadisiyyah melawan pasukan jenderal Persia, Rustum, dan menjadikan pintu pembebasan pertahanan Persia al-Madain dan seluruh Persia. Ini terjadi pada bulan Ramadan tahun 15 H.

"Perjuangan dakwah umat Islam pada bulan Ramadan terus berlanjut. Kali ini Thariq bin Ziyad bersama pasukan Muslimin berhasil membebaskan Andalusia yang sekarang dikenal negara Spanyol pada bulan Ramadan 92 H," lanjutnya.

Kemudian pada 25 Ramadan 658 H, kembali kaum Muslimin dipimpin oleh Saifuddin Qutus berhasil mengalahkan Tartar dalam perang 'Ayn Jalut.

Peristiwa penting selanjutnya adalah pembebasan Bosnia yang terjadi pada bulan Ramadan 791 H. Saat itu, kaum Muslimin berhasil membebaskan Bosnia Herzegovina dari penghambaan kepada mahluk menuju menghamba hanya pada Allah semata.

"Inilah generasi awal Umat Islam, amal mereka luar biasa ketika bulan Ramadan menghampiri mereka. Kita pun bisa mencontoh kegigihan mereka meski kualitas imam kita dengan mereka tidak setara, tapi kita bisa melaksanakan amal terbaik meski di tengah pandemi COVID-19 saat ini," tutupnya.

 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga