Ini Sejumlah Risiko Tidur Tengkurap

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Ini Sejumlah Risiko Tidur Tengkurap
Tidur tengkurap sendiri bisa membuat tubuh tidak selaras, yang akan meratakan dan memutar kurva tulang belakang dengan cara yang tidak normal. Foto: Republika.co.id

" Mungkin sebagian bagi Anda masih ada yang sering tidur tengkurap karena membantu meredakan pegal di sekitar bahu. Namun, tidur dengan posisi tengkurap atau telungkup berisiko menimbulkan gangguan kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mungkin sebagian bagi Anda masih ada yang sering tidur tengkurap karena membantu meredakan pegal di sekitar bahu. Namun, tidur dengan posisi tengkurap atau telungkup berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang bisa muncul akibat tidur tengkurap:

1. Sakit punggung

Melansir Kompas.com, Andrew Bang, chiropractor bersertifikat dari Cleveland Clinic menuturkan tidur dengan nyaman tentu akan berkaitan erat dengan mekanika tubuh.

Baca Juga: Ini Penyebab Komedo Putih dan Cara Atasi

“Anda harus menjaga agar tulang belakang Anda sejajar, seperti halnya mobil Anda. Jika Anda menabrak gundukan dengan mobil, tentu akan merasa gemetar meski masih bisa mengemudi, yang tentu tidak baik," kata Bang.

Tubuh pun sama. Jika tidur dalam postur yang buruk, tentu tidak akan baik untuk tubuh. Pasalnya, tidur tengkurap sendiri bisa membuat tubuh tidak selaras, yang akan meratakan dan memutar kurva tulang belakang dengan cara yang tidak normal.

2. Sakit leher

Sakit leher Tidur tengkurap akan memaksa kepala berbalik ke satu arah agar kita tidak kehabisan napas saat tidur, yang membuat tubuh tidak selaras untuk jangka waktu yang lama.

“Meregangkan otot leher selama itu pasti menimbulkan rasa sakit,” kata Dr. Bang.

Selain itu, tidur tengkurap juga meregangkan leher ke belakang, menekan tulang belakang, yang dapat menyebabkan sensasi kesemutan saat lengan "tertidur" karena aliran darah yang menyempit dan saraf yang tertekan.

3. Kerutan pada wajah

Dilansir dari Alodokter.com, selain karena faktor pertambahan usia, munculnya kerutan ini juga bisa dipicu oleh tidur tengkurap, lho. Hal ini karena saat tidur tengkurap, wajahmu menempel langsung pada bantal atau kasur.

Baca Juga: Kenali Efek Samping Antibiotik, Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal

Kondisi ini akan membuat terjadinya tekanan pada kulit wajah. Kalau tekanan terjadi setiap malam, maka akan timbul kerutan pada wajah yang bisa mengganggu penampilanmu.

4. SIDS

Tidak hanya menimbulkan efek negatif pada orang dewasa, tidur tengkurap bisa sangat berbahaya untuk bayi. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian bayi mendadak tanpa diketahui penyebabnya adalah salah satu bahaya fatal yang bisa terjadi pada bayi tidur tengkurap.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa saat tidur tengkurap, hidung bayi bisa tertutup dengan kasur atau bantal. Akibatnya pernapasan akan terganggu dan bayi akan kekurangan oksigen. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeh Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga