Ini Skor TKD dan AKHLAK Agar Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 11 Juni 2023
0 dilihat
Ini Skor TKD dan AKHLAK Agar Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023
TKD, passing grade yang harus diperoleh peserta minimal 58, sedangkan tes AKHLAK, passing grade minimal harus diperoleh peserta sebesar 65. Foto: Faktaindonesia.com

" Pendaftaran rekrutmen BUMN 2023 dibuka pada 11-20 Mei lalu, bagi lulusan SMA/sederajat, D3, D4/S1, dan S2 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftaran rekrutmen BUMN 2023 dibuka pada 11-20 Mei lalu, bagi lulusan SMA/sederajat, D3, D4/S1, dan S2.

Jika dinyatakan telah lulus berkas, pendaftar akan mengikuti serangkaian seleksi diantaranya tes kompetensi dasar (TKD), tes core values AKHLAK, dan tes Bahasa Inggris.

Selain dokumen administrasi, persiapan juga meliputi pemahaman tentang tes yang akan diikuti. Dengan demikian, Kamu bisa melakukan persiapan lebih matang dan peluang lolos juga lebih besar.

Mengutip.Tribunnews.com, tes kemampuan dasar (TKD) dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi. Umumnya, tes TKD terbagi menjadi tiga kategori yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Baca Juga: Tips Hadapi Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tes tersebut dilakukan untuk menyeleksi putra dan putri terbaik Indonesia dengan memiliki nilai-nilai yang diinginkan bangsa. Sementara itu, tes AKHLAK dilakukan untuk mengukur kemampuan pelamar dalam memahami core values yang dimiliki oleh BUMN.

Tes online tahap pertama dikutip dari Kompas.com:

Tes online tahap pertama Bagi pendaftar dengan jenjang pendidikan D3, D4/S1, dan S2, akan mengikuti TKD dan tes AKHLAK. Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMA/sederajat hanya akan mengikuti TKD.

- Tes kompetensi dasar (TKD), passing grade atau nilai ambang batas KD yang harus diperoleh peserta minimal 58.

- Tes AKHLAK, passing grade atau nilai ambang batas yang minimal harus diperoleh peserta sebesar 65.

Tahap pertama tes online memiliki pembototan TKD sebesar 40 persen dan tes AKHLAK sebesar 60 persen, kemudian diranking sesuai ratio.

Baca Juga: Ini Jadwal Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tes online tahap kedua

Setelah dinyatakan lolos seleksi online tahap pertama, pendaftar lulusan D3, D4/S1, dan S2 akan mengikuti tes Bahasa Inggris, sedangkan pendaftar lulusan SMA/sederajat akan mengikuti tes core values AKHLAK.

Untuk tes Bahasa Inggris, passing grade atau nilai minimal yang wajib diperoleh sebesar 450. TKD dan AKHLAK memiliki pembobotan sebesar 60 persen dan tes Bahasa Inggris sebesar 40 persen, lalu dirangking sesuai ratio.

Dalam tahap ini juga akan dilakukan validasi dokumen dan proctoring oleh panitia seleksi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga