Ini Tempat Ngabuburit Favorit Warga Kolaka

Muh. Sabil, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Ini Tempat Ngabuburit Favorit Warga Kolaka
Kolaka Cocoa City. Foto: Muh. Sabil/Telisik

" Pemandangannya bagus, terus ramai juga banyak orang. Ada juga kita lihat matahari pas mau tenggelam di laut "

KOLAKA, TELISIK.ID - Ngabuburit merupakan suatu tradisi turun-temurun yang identik dengan bulan suci Ramadan, khususnya menjelang buka puasa.

Di Kabupaten Kolaka, ada beberapa kebiasaan yang dilakukan masyarakat di bumi 'Mekongga' julukan bagi Kabupaten Kolaka, dalam mengisi waktu ngabuburit mereka dengan berbagai kegiatan.

Ngabuburit biasanya dilakukan dengan berburu takjil, berjalan-jalan santai, memancing, ataupun sekedar berkumpul bersama keluarga, teman, dan kerabat.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, tidak hanya dilakukan oleh anak muda semata, momen ngabuburit di Kolaka juga diramaikan oleh orang tua hingga anak-anak kecil yang menikmati momen sambil menantikan waktu berbuka puasa.

Dari beberapa tempat atau spot perkumpulan yang ramai di Kabupaten Kolaka, setidaknya terdapat dua tempat ngabuburit paling favorit bagi masyarakat di bumi Mekongga.

1. Pantai Kolaka Cocoa City

Penampakan Kolaka Cocoa City. Foto: Muh. Sabil/Telisik

 

Tempat ramai pengunjung saat ngabuburit di bulan puasa adalah Pantai Kolaka Cocoa City. Pantai Coco City ini jaraknya berdekatan langsung dengan kawasan penyeberangan pelabuhan Kolaka, sehingga pengunjung akan disuguhkan pemandangan laut yang indah.

Pemandangan di sekeliling pantai diwarnai dengan pegunungan, dan penampakan matahari terbenam (sunset) ketika mendekati petang hari, sehingga semakin menambah keelokan pantai Kolaka Cocoa City.

"Pemandangannya bagus, terus ramai juga banyak orang. Ada juga kita lihat matahari pas mau tenggelam di laut," kata Adri, salah satu pengunjung di Pantai Kolaka Cocoa City.

Selain itu, fasilitas halaman pantai Kolaka Cocoa City yang luas dilengkapi tempat wahana bermain anak-anak kecil, sehingga membuat betah untuk berlama-lama di tempat ini, terutama bagi para orang tua yang datang ke tempat ini bersama anaknya.

"Iye karna dsini bagus banyak tempat bermain untuk anak-anak, selain bagus juga pemandangannya," ungkap salah satu pengunjung Riski (25), seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

2. Pantai Wisata Kuliner Kolaka

Suasana ngabuburit di Pantai Wiskul Kolaka. Foto: Muh. Sabil/Telisik

 

Tempat selanjutnya yang sering dikunjungi masyarakat saat ngabuburit adalah pantai Wisata kuliner atau yang lebih sering akrab disebut 'Wiskul'.

Pantai Wiskul berada di sepanjang jalan By Pass Pantai Berti, Kolaka.

Pemandangan lautnya yang eksotis, ditambah penampakan beberapa pulau kecil di sekitaran pantai, serta hembusan angin laut, dan lokasinya bersih terawat menjadikan tempat ini sebagai lokasi referensi bagi pengunjung setiap sore sambil menunggu waktu berbuka.

Hal senada juga diungkapkan Adriatin (38), salah satu pengunjung Wiskul saat ditemui Telisik.id.

Baca Juga: Penjual Takjil di Buteng Sepi Pembeli

"Iye nyaman, karena pemandangan lautnya bagus, angin di sini juga sejuk, apalagi baru bersih juga tempatnya," jelasnya.

Selain kondisi alamnya yang mendukung, terdapat pula sajian berbagai jenis makanan dan minuman yang tersedia. Tentunya hal ini melengkapi suasana ngabuburit di Wiskul tersebut.

"Ada menu makanan juga, minumannya enak-enak semua," tambah Adriatin. (A)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga