adplus-dvertising

Ini Tindakan Ruksamin Setelah Warganya Kabur dari RS

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 28 April 2020
2321 dilihat
Ini Tindakan Ruksamin Setelah Warganya Kabur dari RS
Pasien positif COVID-19 hasil rapid test yang sedang dalam perawatan, melarikan diri dari RS Bahteramas. Foto: Repro Balipuspan.com

" Kami perlu menjelaskan bahwa langkah-langkah sudah kami ambil. Istri dan anak-anaknya sudah kami bawa ke RSUD Konut dan dirapid tes. Alhamdulillah hasilnya negatif. Pak Udin juga hasil rapid tes walaupun positif tapi lebih mengarah ke negatif. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengaku telah melakukan langkah-langkah setelah warganya melarikan diri dari RS Bahteramas.

Warga Konawe Utara (Konut) yang diduga positif COVID-19 hasil rapid test melarikan diri dari RS Bahteramas saat melakukan perawatan.

Untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19 akibat pasien melarikan diri, orang-orang yang memiliki kekerabatan atau kedekatan dengan pasien positif COVID-19 bernama Udin itu telah dites rapid.


"Kami perlu menjelaskan bahwa langkah-langkah sudah kami ambil. Istri dan anak-anaknya sudah kami bawa ke RSUD Konut dan dirapid tes. Alhamdulillah hasilnya negatif. Pak Udin juga hasil rapid tes walaupun positif tapi lebih mengarah ke negatif," ucapnya, Selasa (28/4/2020).

"Artinya masih akan diuji swab dan itulah yg menentukan apakah dia positif atau negatif. Teman yang mengantarnya juga negatif saat rapid tes. Dia bisa jadi tertekan dan takut akan tragisnya pemberitaan COVID-19," sambungnya.

Baca juga: Satu Pasien Positif COVID-19 Lari dari RS Bahteramas

Ruksamin mengatakan bahwa saat ini juga telah dilakukan langkah-langkah lain seperti pendekatan kepada pihak keluarga untuk segera mengetahui keberadaan Udin.

"Kita berusaha mendekati semua keluarganya, untuk secepatnya kita temukan. Lalu diswab untuk menentukan positif atau tidaknya dia. Kita berdoa semoga dia punya kekuatan jiwa untuk menghadapi tekanan yang dia rasakan," ungkap Ruksamin melalui pesan whatsApp.

Selain itu Bupati Konut itu berharap nantinya hasil swab bisa menunjukkan hasil yang negatif bagi Udin.

"Doakan juga semoga dia negatif saat diswab. Kita doakan juga semoga keluarganya bisa sabar akan tekanan yang mereka rasakan akibat menghilangnya Pak Udin," ujarnya.

Udin diketahui kabur dari ruangan isolasi RS Bahteramas. Udin merupakan warga Desa Tongauna, Kecamatan Sawa, Konawe Utara, yang masuk di RS Ismoyo pada Minggu (26/4/2020) akibat kecelakaan kerja dengan luka bakar.

Namun setelah dilakukan rapid test, dirinya mengalami gejala positif COVID-19 dan langsung dirujuk ke RS Bahteramas.

Pria 36 tahun itu merupakan seorang karyawan perusahaan pertambangan di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe. Namun, perusahaan tempat ia bekerja belum diketahui.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal menerangkan, UN baru diberi obat minum dan direncanakan bakal dilakukan tes swab tenggorokan pada hari ini. Sayang, belum sempat dilakukan tes swab, pasien sudah kabur entah kemana.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga