Ini Tips Hindari Penipuan Travel Umrah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
Ini Tips Hindari Penipuan Travel Umrah
Berangkat haji dan umrah adalah impian tiap muslimin di seluruh dunia. Namun, sebelum mendaftarkan diri, ada baiknya Anda menelusuri jasa travel yang akan Anda gunakan agar terhindari dari penipuan. Foto: Repro Kompas.com

" Agar terhindar dari penipuan travel umrah, kita harus memilih penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang resmi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kasus penipuan oleh oknum agen travel umrah kembali terjadi di Indonesia. Belum lama ini, oknum agen travel umrah menipu ratusan calon jemaahnya.

Melansir Kompas.com, PT Naila Safaah Wisata Mandiri atau NSWA diduga telah menipu lebih dari 500 orang calon jemaah umrah di seluruh wilayah Indonesia.

Jemaah tersebut rata-rata terlunta-lunta di Arab Saudi selama 9 hari, bahkan ada yang tidur di jalanan. Selain itu, ada korban yang tidak dapat berangkat ke Tanah Suci sama sekali seperti dikutip dari Detik.com.

Lantas, bagaimana cara terhindar dari penipuan travel umrah? Sebelum mendaftarkan diri, calon jemaah umrah perlu mengetahui cara terhindar dari penipuan travel umrah.

Telisik.id merangkum beberapa tips menghindari penipuan umrah dikutip dari Idxchannel.com dan Kompas.com:

1. Pastikan travel umrah (PPIU) berizin resmi

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari penipuan travel umrah adalah memilih penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang resmi. Pastikan travel umrah tersebut mendapat izin dari Kementerian Agama. 

Baca Juga: Awas, Travel Gelap yang Nekat Angkut Penumpang untuk Mudik Bakal Dipenjara

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), Nur Arifin mengatakan, cara terhindar dari penipuan travel umrah adalah calon jamaah wajib memahami lima pasti umrah.

“Untuk mengetahuinya (agen travel yang sudah berizin PPIU) silakan klik aplikasi Umrah Cerdas. Bisa di-download di Play Store,” ujarnya.

2. Jadwal keberangkatan yang jelas

Arifin mengimbau calon jemaah umrah sudah mendapatkan jadwal dari agen travel sesuai dengan paket umrah yang dipilih.

“Pastikan agen travel memiliki jadwal yang jelas sesuai paket umrahnya. Misalnya, kalau paket 11 hari maka harus ada jadwal hari pertama sampai kesebelas,” terangnya.

Arifin meminta calon jamaah umrah memastikan memiliki tiket penerbangan untuk pergi dan pulang (pp) Indonesia-Arab Saudi.

“Pastikan ada tiket PP Indonesia-Saudi. Jangan hanya tiket berangkatnya saja,” tuturnya.

3. Pastikan harga yang ditawarkan wajar

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming paket travel murah dengan harga yang dinilai tidak wajar. Anda perlu benar-benar memilih travel dengan penawaran harga yang wajar dan pelayanan yg ditawarkan dengan harga tersebut. Setelah Anda melakukan pembayaran, Anda pun meminta bukti pembayaran yang jelas lengkap dengan tanda bukti fasilitas yang tercover dengan biaya tersebut. 

Baca Juga: Polri Telisik Penyedia Jasa Travel Gelap Lewat Medsos

4. Pastikan nama dan alamat hotel berada di tanah suci

Tips menghindari penipuan umrah berikutnya adalah memastikan nama dan alamat hotel tempat jemaah menginap benar-benar berada di Tanah Suci. Hal ini sangat penting lantaran banyaknya aduan penelantaran jemaah umrah sebab tidak adanya kejelasan perjanjian antara pihak PPIU dan jemaah tersebut terkait fasilitas yang tercover dari biaya yang dibayarkan.

5. Pastikan visa yang digunakan

Anda juga perlu memastikan visa yang digunakan dalam perjalanan umrah yang Anda lakukan. Sebab, visa yang digunakan untuk umrah tidak bisa diajukan perorangan dan hanya bisa diajukan biro travel umrah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa visa yang ditawarkan benar-benar visa umrah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga