Ini Tips Lolos Beasiswa LPDP 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Ini Tips Lolos Beasiswa LPDP 2023
Beasiswa LPDP sedang membuka pendaftaran, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar beasiswa tersebut. Foto: Repro Kompas.com

" Salah satu tips untuk bisa mendapatkan beasiswa LPD, harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline "

KENDARI, TELISIK.ID - Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang menjadi incaran scholarship hunters di Indonesia. Pasalnya,  beasiswa ini tidak hanya memberi kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi dalam negeri, namun juga di kampus bergengsi kelas dunia.

Berikut ini tips yang perlu kamu persiapkan cara khusus agar bisa lolos beasiswa ini, dilansir dari laman Kompas.com dan Bamai.uma.ac.id, yaitu:

1. Teliti

Teliti saat mengisi persyaratan seleksi administrasi. Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP. Telisikers harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumennya cukup banyak.

2. Kuatkan essay dan rencana studi

Baca Juga: Kembali Dibuka, Intip Persyaratan Beasiswa LPDP 2023

Kunci agar kamu lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya Anda akan disuruh membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang kamu incar dengan mantap. Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan.

3. Tingkatkan skor TOEFL dan IELTS

Kemampuan TOEFL dan IELTS, ataupun sertifikat bahasa lainnya sangat diperlukan. Ini merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi peserta beasiswa LPDP 2022 lalu. Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0. Pendaftar program Magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.

Baca Juga: Mahasiswa Muna Barat Sambut Baik Program Beasiswa Pemerintah

4. Jangan termakan hoaks

Dengan banyaknya informasi yang beredar, kalian juga harus pandai memilah-milah berita dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu terima benar. Kalau ragu, silakan tanyakan langsung ke pihak LPDP atau cari mentor yang juga alumni dari beasiswa LPDP ini agar kalian bisa terus dibimbing dan update dengan informasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa tanya-tanya soal kelengkapan dokumen, cara penulisan rencana studi yang baik, dan lainnya.

5. Letter Of Acceptance

Jika kalian mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan di universitas yang kalian incar, maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini akan semakin lebih besar. LoA ini akan menjadi nilai plus untuk profilmu juga. Cara mendapatkan LoA ini pun beragam, cukup lihat di website kampus incaran masing-masing. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga