Ini Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 18 Juli 2020
0 dilihat
Ini Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik
Sapi, domba atau kambing yang akan dikurbankan sebaiknya hewan terbaik, salah satunya yaitu hewan yang sehat. Foto: Repro Inisiatifnews.com

" Dokter Hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Titah, mengungkapkan beberapa tips untuk memilih hewan kurban. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari Raya Idul Adha 2020 atau 10 Zulhijah 1441 H ditetapkan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Idul adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Lantas, bagaimana cara memilih hewan kurban yang berkualitas baik?

Dokter Hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Titah, mengungkapkan beberapa tips untuk memilih hewan kurban.

1. Sehat.

Hewan sehat apabila dengan kasat mata bisa dilihat dengan ciri-ciri antara lain hewan lincah, aktif, mata jernih dan bersinar, bulu mengkilat, perawakan gemuk, dan hidung basah.

Baca juga : Masjid Al Alam Kendari, Solusi Acara Pernikahan Masa Pandemi

2. Hewan tidak cacat

Cacat dalam artian misalnya pincang, mata buta, alat kelamin normal dan lengkap (testis lengkap, tidak dikebiri) dan lain-lain.

3. Cukup umur

Kambing/domba usia di atas 1 tahun, sapi usia di atas 2 tahun (ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap).

"Sebaiknya kesehatan ternak sebelum disembelih ini ditunjukkan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari dokter hewan untuk menjamin kesehatannya sebelum hewan dikurbankan," terang Dokter Titah, Sabtu (18/7/2020).

Sementara itu, untuk kualitas daging yang baik dapat dilihat dengan ciri-ciri warna yang merah dan segar (tidak pucat) tekstur kenyal, apabila ditekan akan cepat kembali, bau tidak menyimpang (tidak amis, menyengat dan asam) permukaan daging lembab (tidak kering dan tidak basah) dan bersih, kemudian keempukan, semakin tua usia hewan, maka semakin liat daging yang dihasilkan.

Reporter : Musdar

Editor : Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga