Ini Tips Merawat Cincin Tunangan Agar Tak Gampang Kusam dan Pudar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Ini Tips Merawat Cincin Tunangan Agar Tak Gampang Kusam dan Pudar
Cincin tunangan menjadi salah satu koleksi perhiasan berharga yang akan Anda pakai menjelang pernikahan. Foto: Vncojewellery.com

" Cincin tunangan menjadi salah satu koleksi perhiasan berharga yang akan Anda pakai menjelang pernikahan. Namun tak sedikit orang yang miliki cincin kusam dan berwarna pudar "

KENDARI, TELISIK.ID - Cincin tunangan menjadi salah satu koleksi perhiasan berharga yang akan Anda pakai menjelang pernikahan. Namun tak sedikit orang yang miliki cincin kusam dan berwarna pudar.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam merawat cincin tunangan:

1. Asuransi pembelian

Mengutip Kompas.com, beberapa toko perhiasan mungkin ada yang menyediakan asuransi pembelian. Ini merupakan satu langkah utama yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: Cara Download KTP Online Resmi di Hp

Desainer perhiasan, Sylvie Levine yang berbasis di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa asuransi itu diperlukan untuk melindungi investasi keuangan, termasuk cincin tunangan.

"Asuransi diperlukan untuk melindungi cincin perhiasan jika ada barang yang hilang, dicuri atau rusak," katanya.

2. Selalu bersihkan

Dilansir dari Liputan6.com, membersihkan perhiasan dengan deterjen pembersih asal-asalan yang tersedia di rumah bukannya membuat cincin Anda terlihat berkilau, malah meningkatkan resiko rusak. Jika ingin membersihkan di rumah, cukup sikat dengan sikat gigi bayi dan air panas. Jangan lupa bawa ke ahli perhiasan secara rutin untuk dibersihkan.

3. Hindari sering menyentuh batu permata

Cincin tunangan biasanya dihiasi oleh batu permata pada bagian tengah. Maka dari itu, hindari terlalu sering menyentuhnya. Menurut Taylor Lanore, mantan konsultan berlian dan perancang cincin tunangan di Lauren B. Fine Jewelry and Diamonds, kebiasaan yang satu ini bisa membuat batu permata mudah menjadi keruh.

"Saat melepas atau memasangnya, hindari menyentuh bagian batu permata karena itu bisa membuatnya kusam dan mudah keruh," papar dia.

Baca Juga: Begini Cara Menabung Ala Orang Jepang

4. Jauhkan dari zat kimia

Ketika akan mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang berhubungan dengan zat kimia seperti membersihkan kamar mandi, mencuci piring, atau menggunakan produk pemutih atau bleaching, jangan lupa untuk selalu melepaskan cincin Anda terlebih dahulu.

Zat kimia yang ada dalam berbagai produk deterjen mampu menghilangkan kilau cincin kesayangan, dan menjadikannya kusam. Termasuk cincin dengan batu alam yang penuh warna. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga