adplus-dvertising

Inilah Gambaran Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis, Sungguh Mengerikan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
25588 dilihat
Inilah Gambaran Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis, Sungguh Mengerikan
Allah telah mengingatkan untuk meninggalkan perbuatan maksiat agar terhindar dari azab neraka. Foto: Repro tribunnews.com

" Api neraka tidak seperti api yang ada di dunia. Allah melipat gandakan panasnya api neraka sebanyak tujuh puluh kali lipat dari pada panasnya api di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Telah dikabarkan dalam Al-Qur’an bahwa siksa neraka amat berat dan pedih. Jika di surga, Firdaus adalah yang levelnya paling tinggi, di neraka level yang paling menakutkan adalah Jahannam.

Dikutip islampos.com dari laman nasehat quran, berikut ini beberapa gambaran neraka jahannam yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

1. Panasnya neraka Jahannam


Allah Ta'ala berfirman:

“Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya.” (QS. An-Naba’: 23)

Api neraka tidak seperti api yang ada di dunia. Allah melipat gandakan panasnya api neraka sebanyak tujuh puluh kali lipat dari pada panasnya api di dunia.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Apinya kalian (di dunia) hanyalah satu dari 70 bagian api neraka jahanam.”

Para sahabat mengatakan, “Wahai Rasulullah sesungguhnya hal itu niscaya cukup.”

Beliaupun bersabda, “Panasnya neraka jahannam dilipatkan 69 kali lipat di setiap panasnya” (HR. Bukhari).

2. Permintaan neraka Jahannam kepada Allah

Betapa luasnya neraka Jahannam yang disediakan oleh Allah untuk manusia dan jin yang membangkang kepada-Nya. Hingga karena luasnya, saat penghuni neraka Jahannam sudah dimasukkan ke dalamnya, ia tetap meminta untuk ditambahkan penghuninya.

Allah SWT berfirman:

“(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada Jahannam: “Apakah kamu sudah penuh?” Dia menjawab: “Masih ada tambahan?” (QS. Qaaf: 30).

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Tidak henti-hentinya neraka Jahannam berkata: ‘Masih ada tambahan?’, sehingga Rabb yang Maha Mulia pun meletakkan telapak kakinya, lalu neraka Jahannam mengatakan: ‘Cukup! Cukup! Dan demi kemuliaan-Mu’, dan para penghuninyapun saling berdesakan.” (HR. Bukhari).

3. Rantai di neraka

Setelah Allah perintahkan malaikat untuk membelenggu penghuni neraka lalu dimasukkannya ke dalam neraka, maka ia akan diikat dengan rantai besi yang panjangnya sepanjang 70 hasta.

Allah Ta’ala berfirman:

“Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.” (QS. Al-Haqqah: 32).

Panjang rantai yang dijelaskan dalam ayat tersebut bukanlah 70 hasta berdasarkan ukuran hasta manusia. Ibnu Abbas radhiyallaahu ‘anhu menjelaskan bahwa hasta yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah ukuran hastanya malaikat.

Hal ini menunjukkan betapa panjangnya rantai pengikat yang digunakan untuk menyiksa penghuni neraka Jahannam.

4. Jumlah tali pengikat di neraka Jahannam

Penghuni neraka Jahannam tidak hanya diikat dengan satu tali saja. Melainkan mereka akan diikat dengan tujuh puluh ribu tali yang masing-masing talinya ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Akan didatangkan tujuh puluh ribu tali pengekang di neraka Jahannam pada hari itu, dan disetiap tali ada tujuh puluh ribu malaikat yang menariknya.” (HR. Muslim).

5. Leher di neraka

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Akan keluar sebuah leher dari api neraka di hari kiamat yang memiliki dua mata yang melihat, dua telinga yang mendengar, dan lidah yang bisa berbicara, ia mengatakan, ‘Aku diserahkan untuk (menyiksa) tiga golongan, yaitu bagi orang yang sombong lagi durhaka, orang yang mengajak untuk menyembah selain Allah, dan orang yang membuat bentuk (patung/gambar makhluk hidup)’” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Manfaatnya Luar Biasa, Jangan Remehkan Doa

Dilansir republika.co.id dari laman Alukah, berikut ini 10 sifat neraka, sebagaimana digambarkan dalam Al-Qur’an dan sunnah.

1. Bentuk

Dari Uqbah bin Amar, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

“Neraka ditampakkan kepadaku, lalu sesuatu menghampiriku hingga mendekat tempatku, aku takut dia akan menutupi kalian, lalu aku berkata, “Tuhan, aku ada bersam mereka, lalu Tuhan menggesernya. Dia menghilang tapi tampak seperti tikar yang luas.”

2. Luasnya neraka

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Matahari dan bulan (ibarat) vulkanik yang digulung di nereka kelak pada hari kiamat.”

Luas matahari lebih besar dari bumi sekira 1,3 juta kali lipatnya. Dia akan dilempar bagi para penyembah keduanya.

"Sungguh, kamu (orang kafir) dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah bahan bakar Jahannam. Kamu (pasti) masuk ke dalamnya." (QS Al Anbiya 98).

3. Kedalaman 

Dari Abu Hurairah r.a dia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Itu adalah suara batu yang dilempar di dalam neraka sejak 70 tahun yang lalu, batu itu jatuh ke dalam neraka dan sekarang dia baru sampai di dasarnya." (HR Bukhari).

4. Panasnya neraka

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

"Api kalian (di dunia ini) merupakan bagian dari tujuh puluh bagian api neraka Jahannam". Ditanyakan kepada Beliau: "Wahai Rasulullah, satu bagian itu saja sudah cukup (untuk menyiksa pelaku maksiat)?" Beliau bersabda, "Ditambahkan atasnya dengan enam puluh sembilan kali lipat yang sama panasnya." (HR Bukhari).

5. Atap

"Pergilah kamu mendapatkan naungan (asap api neraka) yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka." (QS Al Mursalat: 30-31).

"Dan naungan asap yang hitam, tidak sejuk dan tidak menyenangkan" (QS Al Waqiah: 43-44).

6. Angin atau hawa

"(Mereka) dalam siksaan angin yang sangat panas dan air yang mendidih." (QS Al Waqiah: 42).

7. Bahan bakar

"Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir." (QS Al Baqarah: 24).

8. Kengeriannya

Baca Juga: 4 Golongan Manusia yang Haram Disentuh Api Neraka

"Sungguh, (neraka) itu menyemburkan bunga api (sebesar dan setinggi) istana." (QS Al Mursalat: 32).

9. Suaranya

"Apabila dia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suaranya yang gemuruh karena marahnya." (QS Al Furqan: 12).

"Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak." (QS Al Mulk: 7).

10. Penjaganya

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan" (QS At Tahrim: 6).

11. Pintunya

"(Jahannam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka." (QS Al Hijr: 44). Wallahu a'lam. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga