adplus-dvertising

Inilah Siksa Neraka yang Paling Ringan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 24 Desember 2021
11694 dilihat
Inilah Siksa Neraka yang Paling Ringan
Siksa neraka yang paling ringan adalah dipakaikan terompah yang terbuat dari api. Foto: Repro islamituittiba

" Seorang hamba akan menerima balasan atas perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Neraka merupakan salah satu tempat kekal yang diciptakan Allah di akhirat. Neraka diperuntukkkan bagi manusia yang melanggar perintah Allah SWT.

Orang yang beramal baik selama hidup di dunia akan mendapat ganjaran berupa surga di akhirat nanti, sebaliknya orang yang semasa hidupnya penuh keburukan akan mendapat siksa api neraka. Surga dan neraka diciptakan untuk memotivasi manusia agar beribadah dan meninggalkan larangan Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an dan hadis dijelaskan bahwa seorang hamba akan menerima balasan atas perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia.


Di neraka, siksaan akan diterima sesuai dengan dosa-dosa yang sudah diperbuat. Jika dosa yang dilakukan terhitung besar, maka besar pula siksaannya. Namun, jika dosa yang dilakukan tergolong kecil, akan mendapatkan siksaan yang ringan pula.

Baca Juga: Perlu Anda Tahu, Ini Mukjizat yang Terdapat Pada Surah Al-Fatihah

Nabi Muhammad SAW hadir sebagai membawa kabar gembira dan peringatan. Kabar gembiranya adalah orang-orang saleh dan salehah nantinya akan mendapat balasan surga. Sebaliknya, mereka yang menentang dan melanggar perintah Rabb-nya akan masuk ke dalam neraka.

Dikutip dari portalmadura.com, dari An-Nu’man bin Basyir dia berkata, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Sesungguhnya siksa penghuni neraka yang paling ringan adalah seseorang yang dipakaikan sepasang terompah yang terbuat dari api hingga otaknya mendidih sebagaimana mendidihnya air yang sedang direbus”. Pada saat itu orang tersebut mengira bahwasanya dialah orang yang mendapat siksaan yang paling pedih, padahal ia adalah penghuni neraka yang paling ringan siksanya. (HR Muslim).

Baca Juga: Sulit Bangun Salat Subuh? Ini Tips yang Bisa Membantu Anda

Meskipun dikabarkan dengan jelas bagaimana pedihnya siksa yang akan diterima, namun tetap saja, manusia tidak takut berbuat dosa. Bahkan, terkadang sebagian justru bangga dengan dosa yang diperbuatnya.

Melansir Islami.co, yang mendapatkan siksaan paling ringan kelak di neraka adalah Abu Thalib, paman Rasulullah. Beliau wafat sebelum memeluk Islam, namun beliau mendukung dan membela Rasullullah dalam menjalankan dakwahnya.

Dalam hadis lain disebutkan juga bahwa Rasulullah SAW berharap memberikan syafaatnya kelak di hari kiamat untuk Abu Thalib, namun dalam hal ini para ulama berbeda pendapat: ada yang mengatakan hadis tersebut bertentangan dengan firman Allah surat al-Mudatsir ayat 48 yang berarti, “Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafaat dari orang-orang yang memberi syafaat”.

Menurut Ibnu Hajar al-‘Asqalani hal tersebut merupakan pengecualian bagi Abu Thalib. Dalam kitab Fathul Bari dijelaskan bahwa maksud surat al-Mudatsir ayat 48 berbeda dengan hadis di atas.  Ayat tadi maksudnya ialah dikeluarkan dari neraka, sedangkan yang ada di dalam hadis maksudnya diberikan keringanan untuk siksaan. Wallahu a’lam. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga