adplus-dvertising

Insentif Tenaga Medis COVID-19 di Buteng Enam Bulan Belum Terbayarkan

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 26 Desember 2020
1473 dilihat
Insentif Tenaga Medis COVID-19 di Buteng Enam Bulan Belum Terbayarkan
Tenaga medis di RSUD Buteng keluhkan Insentif yang belum iuga terbayarkan selama enam bulan. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Informasinya tunggu pergantian tahun baru dibayarkan katanya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sudah enam bulan, tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Buton Tengah (Buteng) belum terbayarkan insentifnya.

Beberapa tenaga medis pun kerap mengeluhkannya. RM misalnya. Pria yang menjadi salah satu tenaga medis pasien COVID-19 di RSUD Buteng ini mengaku sudah tak tahu harus berbuat apa lagi.

Pasalnya, ia dan teman-teman seprofesinya belum juga menerima insentif selama enam bulan lamanya.


"Pusing saya kalau begini terus, hanya dua bulan saja kita terima kasian, jadi sisa enam bulan yang belum terbayarkan untuk tahun ini," ungkapnya, Sabtu (26/12/2020).

RM menambahkan, jika insentif tersebut belum juga jelas kapan dibayar, mereka memutuskan untuk tidak masuk kerja lagi, terkecuali insentifnya telah dibayarkan semua.

"Informasinya tunggu pergantian tahun baru dibayarkan katanya," tambahnya.

Sebelumnya Telisik.id telah menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Buteng untuk menanyakan perihal dana insentif yang belum terbayarkan ini, namun beberapa kali ditelepon, tak pernah diangkat.

Baca juga: Tahun 2020, Tercatat 32 Kasus Kejahatan Seksual pada Anak di Konsel

Hingga kemudian Telisik.id pun mencoba menghubungi Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman. Ia mengungkapkan, telah menghubungi Kadis Kesehatan Buteng perihal permasalahan tersebut namun tak kunjung direspon.

"Saya telepon itu Pak Kadis tapi tidak diangkat juga. Sebelumnya saya juga telah konfirmasi tentang itu tapi dia lagi di Baubau," ungkapnya.

Anggota DPRD Buteng dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini mengungkapkan, ia juga tidak bisa memberikan komentar sebab takutnya faktanya lain.

Dan hal itu, lanjutnya, harus dia konfirmasi dulu dengan pihak Dinas Kesehatan Buteng.

Sementara itu, sebelumnya juga Telisik.id telah menghubungi Direktur RSUD Buteng, dr Karyadi. Ia mengungkapkan, dana tersebut telah ditetapkan di Dinas Kesehatan Buteng.

Dan hal ini, katanya, tinggal menunggu petunjuk pencairan di Badan Keuangan Daerah Buteng.

Namun hingga saat ini, ternyata masih banyak tenaga medis di daerah tersebut yang mengeluhkan dana insentif yang tak kunjung mereka terima itu. (A)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga