Intip Instagram Karlina Sukarman si Cantik Mantan Pramugari Bakal Tarung Pilkada Buton Selatan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Intip Instagram Karlina Sukarman si Cantik Mantan Pramugari Bakal Tarung Pilkada Buton Selatan
Momen kegiatan yang dibagikan melalui akun pribadi Karlina Sukarman. Foto: Instagram@karlinasukarman

" Mengenal sosok Karlina Sukarman dengan paras memikat, dikabarkan bakal maju meramaikan kontes Pilkada 2024 mendatang "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Mengenal sosok Karlina Sukarman dengan paras memikat, dikabarkan bakal maju meramaikan kontes Pilkada 2024 mendatang.

Melalui kanal Instagram @karlinasukarman yang dilihat Telisik.id Rabu (5/6/2024), followersnya telah mencapai 3.440. Karlina kerap membagikan postingan kebersamaan dengan warga, kegiatan dengan PDIP, dan foto-foto kegiatan pantai.

Salah satu postingannya yang menarik perhatian berbunyi, "Banyak orang begitu berhati-hati saat memasukkan makanan di dalam mulutnya. Tapi mereka tidak berhati-hati saat mengeluarkan ucapan dari mulutnya," tulisnya.

"Hati-hati dalam berucap serta hati-hati dalam bertindak. Hari ini kamu boleh saja jadi pemenang tapi dunia ini berputar. Ada hitam di antara putih, begitu sebaliknya ada putih di antara hitam," lanjut Karlina.

Mantan pramugari Trans Nusa, Karlina Sukarman, menyatakan diri siap mengikuti pilkada sebagai bakal calon Wakil Bupati Buton Selatan. Srikandi dari Bumi Gajah Mada itu adalah satu-satunya perempuan yang akan meramaikan Pilkada Buton Selatan.

Lahir di Mawasangka pada 29 November 1991, Karlina merupakan putri dari mantan anggota DPRD Kabupaten Buton periode 2009-2014, Haji Sukarman dan Siti Fauziah. Ia adalah cucu dari La Togia dan Wa Ohi, sehingga mengalir darah etnis Cia-cia dan Pancana dalam dirinya.

Baca Juga: Mantan Pramugari Karlina Sukarman Nyatakan Diri Maju Pilkada Buton Selatan

Diberitakan Telisik.id sebelumnya, Karlina menyelesaikan pendidikan tingkat SMA pada SMA Negeri 1 Baubau tahun 2010. Ia melanjutkan pendidikan Strata 1 di Universitas Pasundan, Bandung tahun 2010 sampai 2012, namun tidak selesai. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di STIM LPI Makassar dan memperoleh gelar Sarjana Manajemen (S.M) pada 2014.

Karlina mengungkapkan bahwa perkuliahannya terhenti sejenak karena pada tahun 2012 sampai 2015 ia diterima bekerja sebagai pramugari di maskapai penerbangan Trans Nusa. Selama tiga tahun, ia bekerja dengan rute penerbangan domestik wilayah timur (NTT) dan carter rute Denpasar (Bali) dan Wakatobi.

Perjalanan karir Karlina tidak berhenti di situ. Ia pernah menjabat sebagai General Manager UD Bahari sampai tahun 2019. Ia juga aktif di beberapa organisasi eksternal, seperti Koordinator Galang Kemajuan Daerah (2018-2019), Wakil Ketua Umum LBM WI (2021-2024), dan Ketua IMI (2022-2023).

Pengalaman pertama kali terjun ke dunia politik berawal dari saran ayahnya yang saat itu menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Buton. Ayahnya menyarankan agar Karlina berkader di partai politik. Pada tahun 2017, setelah pensiun menjadi pramugari, Karlina memutuskan bergabung dan menjadi kader PDIP.

Karlina mengaku senang bekerja di lapangan dan bertemu langsung dengan masyarakat. Bekerja di lapangan memungkinkan eksplorasi hal-hal baru yang bisa diaplikasikan dengan teori-teori kuliah. Di awal berkarir di DPC PDIP Buton Selatan, Karlina sempat menjabat sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC).

Saat ini, Karlina masih aktif sebagai Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak, yang akan berakhir pada tahun 2025. Menjadi satu-satunya perempuan yang siap tarung pada pilkada di tengah para rival laki-laki tidak membuat Karlina gentar. Ia sangat yakin melangkah menjadi bakal calon Wakil Bupati Buton Selatan.

Karlina didorong oleh sejumlah tokoh yang juga menjadi mentor dan penasihat dalam berpolitik. Ia berkomitmen membawa nama baik kaum perempuan, terutama perihal kesetaraan gender, hak-hak, kesejahteraan, dan kesenjangan hidup perempuan kepala rumah tangga.

Karlina menambahkan, menjadi pemimpin perempuan di tengah dominasi laki-laki tidak mudah. Dengan visi dan misi untuk kepentingan masyarakat, Karlina menekankan kesejahteraan rakyat dan perubahan nyata bagi Buton Selatan. Fokusnya adalah sektor perikanan, pertanian, pendidikan, pariwisata ekonomi kreatif, dan pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Mengenal Sosok Dr Bahtiar, Punya Gagasan Ini untuk Sulawesi Tenggara

Karlina ingin memberdayakan UMKM agar perputaran ekonomi pelaku usaha kecil di Buton Selatan tumbuh pesat dan berkembang. Pada bidang pendidikan, Karlina bertekad mendongkrak generasi muda Buton Selatan agar menjadi SDM unggul dan meningkatkan PAD serta kesejahteraan masyarakat.

Meski gagal pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Buton Selatan Februari lalu, Karlina tidak mundur. Melalui Pilkada, Karlina yakin dapat meraih kemenangan. Pengalaman di lembaga legislatif yang hanya mengusulkan aspirasi masyarakat membuatnya ingin mengambil peran eksekutif untuk meneruskan hal-hal yang belum tercapai.

Karlina memilih tagline “Kita Satu” yang merepresentasikan persatuan dan gotong royong. Ia percaya dengan saling gotong royong, segala sesuatu bisa terwujud. Karlina saat ini masih berstatus sebagai anggota DPRD Buton Selatan Fraksi PDIP dan Wakil Ketua Komisi II hingga 1 Oktober 2024.

Karlina sudah mengembalikan formulir pendaftaran sebagai kandidat bakal calon Wakil Bupati Buton Selatan pada H-1 penutupan penjaringan, di kantor DPC PDIP Buton Selatan pada April 2024. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga