Intip Jadwal Sidang Isbat Ramadan 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
Intip Jadwal Sidang Isbat Ramadan 2023
Kementerian Agama (Kemenag) direncanakan akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1444 H pada Rabu (22/3/2023). Foto: Detik.com

" Kementerian Agama (Kemenag) direncanakan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1444 H pada Rabu (22/3/2023) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) direncanakan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1444 H pada Rabu (22/3/2023).

Melansir Detik.com, jadwal sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 2023 saat ini sudah dinantikan kaum muslim. Berikut ini jadwal sidang isbat Ramadan 2023 lengkap dengan lokasi titik pemantauan hilal.

Penentuan hari pada sistem penanggalan kalender Hijriyah ditandai sejak terbenamnya matahari pada waktu setempat, bukan saat tengah malam. Adapun penentuan awal bulan (dalam kalender) tergantung pada penampakan dari bulan, satelit yang mengorbit bumi.

Baca Juga: H-60 Ramadhan, Penjual Busana Muslim Mulai Ramai Pembeli

Maka dari itu, untuk menentukan bulan Ramadhan perlu dilakukan pengamatan lebih rinci agar umat Islam tidak salah waktu saat akan melaksanakan ibadah puasa.

Rangkaian sidang isbat 2023 dilansir dari Kompas.com, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan, sidang isbat 2023 digelar bertepatan dengan 29 Syakban. Ia menjelaskan, rangkaian sidang isbat akan digelar pada tiga tahap.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag. Agenda pertama ini dimulai pada pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Jatuh 23 Maret

"Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas," jelasnya.

Adib menuturkan, rangkaian sidang isbat 2023 akan digelar secara daring dan luring (hybrid), sama seperti beberapa tahun belakangan. Nantinya, sidang isbat awal Ramadhan 2023 akan melibatkan Tim Hisab Rukyat Kemenag, dengan mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan Majelas Ulama Indonesia (MUI), duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga