Intip Kisah Owner Makkaraja, Minuman Lokal yang Kini Punya Belasan Outlet

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Intip Kisah Owner Makkaraja, Minuman Lokal yang Kini Punya Belasan Outlet
Owner Makkaraja, brand minuman lokal yang kini punya belasan outlet. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Makkaraja diambil dari nama keluarga. Ia memilih nama Makkaraja bukan tanpa alasan melainkan sebagai identitas bahwa dirinya keturunanan dari keluarga Sulawesi Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Gagal berkali-kali bukan berarti tak bisa sukses sama sekali. Begitulah kalimat singkat yang menggambarkan perjuangan seorang pria 34 tahun dalam merintis bisnis.

Pria yang memiliki antusias untuk berkecimpung dalam dunia bisnis ini mengaku telah gagal berkali-kali sebelum akhirnya sukses merintis bisnis minuman lokal, Makkaraja.

Pemilik minuman brand lokal, Asdar Albar mengatakan, istilah Makkaraja diambil dari nama keluarga. Ia juga memilih nama Makkaraja bukan tanpa alasan melainkan sebagai identitas bahwa dirinya juga keturunanan dari keluarga Sulawesi Selatan. Asdar juga berharap nama tersebut dapat membawa berkah bagi usaha yang sedang ia rintis.

"Sebelum di titik ini, saya juga belum langsung berhasil. Jatuh bangun juga saya rasakan. Istilahnya saya beli 10 baru bisa gratis 1. Jadi saya coba 10 bisnis dan yang berhasil itu, Makkaraja," ungkap Asdar dalam keterangan persnya.

Ketika ditemui Telisik.id di salah satu outlet Makkaraja Sabtu (3/6/2023), saat ini dirinya mengaku sedang fokus untuk bisa mempertahankan bisnis minuman tersebut.

Baca Juga: Tingkat Literasi Keuangan Indonesia Lebih Rendah Dibanding Inklusinya

"Untuk sekarang ini yang kita lakukan yaitu banyak promosi, iklan, update tempat baru, update menu baru dan yang paling utama yaitu sedekah," urainya.

Di beberapa outlet itu, dia mengeluarkan beberapa persen hak orang. Dan itu sudah dilakukan selama 4 tahun Makkaraja berdiri.

"Dan itu rutin, jadi itu (sedekah) yang kita jaga sampai sekarang," tegasnya.

Minuman lokal yang mulai dirintis sejak tahun 2019 tersebut kini semakin viral di masyarakat, terlebih lagi di kalangan mahasiswa dan kaum millenial.

"Kalau untuk peminatnya itu banyak, kebanyakan dari mahasiswa tapi ada juga bapak-bapak, ibu-ibu dan biasa juga pegawai atau karyawan," ungkap Nita, karyawan outlet Makkaraja.

"Saya juga suka beli minuman di Makkaraja, minuman favoritku itu thaitea. Kalau ditanya kenapa lebih pilih Makkaraja, selain enak dan pas di lidahku, tempatnya juga tidak jauh dari rumahku, jadi gampang untuk dijangkau," pungkas Lala, salah seorang pelanggan Makkaraja.

Pria kelahiran Kalimantan tersebut mengaku sangat senang dan bangga saat melihat brand minuman miliknya dapat dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Kenapa Penggunaan Qris Bisa Turunkan Inflasi? Ini Penjelasannya

"Saya semacam ada kebanggaan tersendiri dan senang pas jalan-jalan, terus lihat orang pegang brand minumanku, walaupun mereka tidak tahu mungkin kalau saya ownernya," pungkasnya.

Saat ini Makkaraja sudah memiliki cabang di 4 kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tenggara, di antaranya Kendari sebanyak 11 outlet, Baubau, Konawe, dan Kolaka.

Asdar juga berpesan kepada para pebisnis untuk tetap semangat dalam memulai bisnis. Terus berusaha keras, jangan menyerah karena rezeki itu tidak akan kemana dan jangan lupa untuk bersedekah, itu juga penting. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga