Intip Kota Tersepi di Dunia, Hanya Dihuni 1 Orang

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 05 Juni 2022
0 dilihat
Intip Kota Tersepi di Dunia, Hanya Dihuni 1 Orang
Monowi, Kota dengan jumlah penduduk hanya satu orang yakni Elsie Eiler (88). Foto: Repro Misteraladin.com

" Monowi adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat yang tercatat hanya memiliki satu orang penduduk "

MONOWI, TELISIK.ID - Sebuah kota umumnya memiliki jumlah penduduk yang banyak. Namun, berbeda halnya dengan kota yang berada di Amerika Serikat (AS) ini yang hanya memiliki satu orang penduduk saja. Kok bisa yah?

Mengutip dari Kompas.com, kota tersebut bernama Monowi. Kota yang termasuk dalam negara bagian, Nebraska di Amerika Serikat ini dikenal sebab jumlah penghuninya yang sangat sedikit.

Bahkan tercatat paling sedikit di muka bumi, jika boleh menyebutnya demikian. Menurut badan sensus AS, Monowi adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat yang tercatat hanya memiliki satu orang penduduk.

Sebelumnya, Monowi merupakan kota yang dihuni sekitar 150 orang, akan tetapi setelah Perang Dunia II secara perlahan Monowi mulai ditinggalkan penduduknya.

Hingga akhirnya pada tahun 2000-an kota Monowi dihuni oleh 2 orang yaitu Elsie Eiler dan Rudy suaminya, tetapi pada tahun 2004, Rudy meninggal dunia dan mewariskan sebuah restoran serta seluruh kota Monowi pada Elsie.

Baca Juga: Pria Ini Dilamar oleh 3 Wanita dan Dapat Mahar Rp 42 Juta, Semua Dijadikan Istri

Elsie yang kini berusia 88 tahun, bukan hanya warga tetapi dia juga adalah wali kota, pegawai, bendahara, pustakawan, penjaga bar, dan satu-satunya orang yang tinggal di kota kecil itu.

Sebagai satu-satunya warga kota Monowi, Elsie selalu memasang pemberitahuan di satu-satunya tempat usaha di kota itu, bar miliknya.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Mendadak Diungsikan, Ada Apa?

Selain itu, Elsie juga mengumumkan pemilihan wali kota kemudian ia memilih dirinya sendiri. Agar tetap mendapatkan anggaran dari negara bagian, Elsie harus membuat rencana tahunan dan mengumpulkan pajak sebesar 500 dolar per tahun agar lampu dan air bersih tetap beroperasi di kota itu. Dari mana Elsie mendapatkan pajak kota? Ya, dari kantongnya sendiri.

Elsie juga tetap mencatat daftar tempat tinggal yang kosong, sebagai antisipasi jika ada seseorang yang ingin pindah ke salah satu bangunan di kota itu sekaligus menambah jumlah penduduknya.

Mengutip dari wikipedia.org, Selain Monowi masih ada beberapa kota lain yang serupa yaitu Jordan River (Kanada), Buford (Amerika Serikat), Lost Springs (Wyoming), Villa Epecuen (Argentina), Tomioka (Jepang), dan Cass (Selandia Baru). (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga