Intip Manfaat Udang bagi Kesehatan Manusia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 08 Agustus 2023
0 dilihat
Intip Manfaat Udang bagi Kesehatan Manusia
Selain memiliki kandungan nutrisi, udang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan pada manusia. Foto: Halodoc.com

" Udang merupakan salah satu seafood yang memiliki banyak nutrisi, meski tinggi kalesterol dan rendah kalori. Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik "

KENDARI, TELISIK ID - Udang merupakan salah satu seafood yang memiliki banyak nutrisi, meski tinggi kalesterol dan rendah kalori. Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik.

Mengutip Halodoc.com, konsumsi udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin.  

Nah, secara umum, dalam 85 gramnya dapat mengandung nutrisi:

Kalori: 84,2.

Protein: 20,4 gram.

Zat besi: 0,433 miligram.

Fosfor: 201 miligram.

Baca Juga: Tak Sekedar Olahraga, Ini 5 Gerakan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Kalium: 220 miligram.

Zinc: 1,39 miligram.

Magnesium: 33,2 miligram.

Natrium: 94,4 miligram.

Berikut apa saja manfaat udang untuk kesehatan tubuh manusia:

- Menjaga kesehatan jantung

Mengutip Kompas.com, kandungan antioksidan utama dalam udang adalah karotenoid, yang disebut astaxanthin. Astaxanthin dapat membantu mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh dengan mengontrol radikal bebas merusak sel sehat.

- Menjaga kesehatan otak

Astaxanthin dalam kandungan udang yang memiliki sifat antiinflamasi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Sifat antiinflamasinya mencegah kerusakan sel-sel otak yang sering menyebabkan hilangnya ingatan dan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

- Mendukung fungsi kelenjar tiroid

Makanan laut seperti udang adalah sumber berguna dari beberapa mineral, seperti yodium, zinc, dan selenium. Tubuh membutuhkan yodium untuk mendukung fungsi kelenjar tiroid yang benar. Sementara itu, zinc dan selenium mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Miss V Gatal Setelah Berhubungan Seks, Ini Penyebabnya

- Sumber antioksidan

Rona merah pada makanan laut ini terjadi akibat senyawa astaxanthin. Adapun, astaxanthin memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Contohnya, yaitu penyakit jantung dan kanker, serta bermanfaat bagi kesehatan kulit. 

- Membantu membangun otot

Udang adalah makanan kaya nutrisi rendah kalori. Sebanyak 100 gram udang hanya memiliki 115 kalori dan hanya 1,72 gram lemak. Selain itu, udang juga mengandung banyak zinc dan yodium. Kekurangan dua zat ini terkait dengan makan berlebihan, penambahan berat badan, dan penurunan massa otot. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga