Intip Pendaftaran CPNS Bakal Dibuka Juni 2023, Catat Persyaratannya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 25 Mei 2023
0 dilihat
Intip Pendaftaran CPNS Bakal Dibuka Juni 2023, Catat Persyaratannya
Pemerintah di pastikan bakal membuka pendaftaran CPNS pada Juni 2023 mendatang. Foto: Kompas.com

" Pemerintah akan membuka lowongan untuk calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023. Total akan ada 1,6 juta formasi untuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah akan membuka lowongan untuk calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023. Total akan ada 1,6 juta formasi untuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mengutip Detik.com, untuk penyelenggaraan CPNS 2023 ini hanya diperuntukkan bagi formasi di pemerintah pusat. Anggaran untuk kebutuhan formasi pengadaan CASN ke Kementerian Keuangan juga telah diajukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Prioritas kebutuhan ASN tahun 2023 yakni untuk mengisi tenaga pelayanan dasar di sektor pendidikan dan sektor kesehatan seperti guru, dosen, perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga: Pedagang Kali Kadia Akan Dipindahkan ke Pasar PKL

Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Alex Denni memberi bocoran perihal jadwal pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka.  Ia mengatakan, Pemerintah berencana mengumumkan rekrutmen ASN 2023 pada Juni akhir atau paling lambat awal Juli 2023 seperti dilansir dari Kompas.com.

Selain itu, Alex juga meminta masyarakat untuk memantau informasi resmi dari situs Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pihaknya juga mengingatkan masyarakat tidak mudah mempercayai informasi soal rekrutmen ASN 2023 yang beredar di media sosial jika bukan dari situs resmi dan terpercaya. 

Kapan waktu pendaftaran CPNS 2023 ini belum dipastikan. Namun jika melihat alur CPNS 2021 lalu, kamu tidak perlu khawatir terlewat untuk mendaftar CPNS karena rentang waktu untuk melakukan pendaftaran cukup lama.

Syarat Daftar CPNS

Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar CPNS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti memastikan kamu memenuhi persyaratan. Adapun secara umum, beberapa syarat daftar CPNS adalah sebagai berikut.

Persyaratan Peserta CPNS

Warga Negara Indonesia (WNI)

Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 25 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)

Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih)

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta

Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI,  atau anggota kepolisian

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan

Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik

Secara umum, dokumen persyaratan untuk peserta CPNS 2023, di antaranya:

Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan

Baca Juga: Ali Mazi Lantik Andi Muhammad Yusuf jadi Pj Bupati Buton Tengah

Fotokopi atau scan KTP elektronik

Salinan akta kelahiran

Salinan surat keterangan

Pas foto formal

CV atau daftar riwayat hidup

Surat pernyataan penempatan penempatan di mana pun

Perlu diingat, setiap formasi dan instansi mungkin akan menambahkan persyaratan khusus sesuai bidang serta keahlian yang dibutuhkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga