Intip Pilihan Sayur, Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Intip Pilihan Sayur, Cocok untuk Penderita Asam Lambung
Penderita asam lambung baisanya dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik dan beralih ke makanan yang lebih “ramah” di lambung. Foto: Repro Klikdokter.com

" Beberapa makanan bisa memicu kenaikan asam lambung yang semakin memperparah kondisi tubuh. Oleh karena itu, penderita asam lambung harus memilih makanan yang baik untuk saluran pencernaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Penderita asam lambung biasanya dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik dan beralih ke makanan yang lebih “ramah” di lambung.

Beberapa makanan bisa memicu kenaikan asam lambung yang semakin memperparah kondisi tubuh. Oleh karena itu, penderita asam lambung harus memilih makanan yang baik untuk saluran pencernaan.

Berikut rekomendasi sayuran yang cocok untuk penderita asam lambung dilansir dari Haibunda.com dan Alodokter.com:

1. Wortel

Saat asam lambung naik, Anda disarankan untuk mengonsumsi wortel. Sayuran ini tidak hanya tinggi serat, tetapi juga mengandung vitamin B6 yang diketahui mampu menetralkan asam lambung.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Simak 6 Langkah Pertolongan Pertama

Selain itu, vitamin B6 dalam wortel juga dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh, menstabilkan suasana hati, hingga meredakan gejala PMS.

2. Kembang kol

Kembang kol juga menjadi salah satu pilihan sayuran untuk penderita asam lambung. Manfaat kembang kol dalam mengatasi kenaikan asam lambung dapat diperoleh karena sayuran ini mengandung pH tinggi yang bersifat basa, sehingga dapat menetralkan asam.

Selain itu, kembang kol juga tinggi serat sehingga mengonsumsinya mampu menjaga kesehatan saluran cerna, mengurangi risiko gangguan pencernaan, dan meningkatkan bakteri baik di usus.

3. Kacang hijau

Baca Juga: Awas, 4 Jenis Makanan Ini Memicu Asam Lambung Naik

Kacang hijau juga dapat menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan lambung dan perut. Dalam kacang hijau terdapat kandungan asam dalam jumlah rendah yang bisa mencegah refluks pada lambung. Selain itu, makanan ini juga kaya akan magnesium untuk mengatur kontraksi pada sistem saraf.

4. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan protease, enzim yang berfungsi untuk memecah protein. Sayuran ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung.

Protease bisa membantu melancarkan sistem pencernaan saat menyerap makanan. Selain itu, mentimun juga membantu menetralkan asam yang ada di dalam tubuh. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga