Intip Resep Serba Ayam Ala Drakor

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Intip Resep Serba Ayam Ala Drakor
Ayam goreng ala drakor bisa menjadi menu alternatif di rumah, jika sudah bosan dengan menu ayam goreng yang itu-itu saja. Foto: Cookpad.com

" Bagi pencinta drama Korea (drakor) mungkin tidak asing dengan scene dari karakter atau tokoh yang sedang menikmati menu makanan serba ayam, atau Anda tertarik dengan menu ayam goreng yang sering ditampilkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi pencinta drama Korea (drakor) mungkin tidak asing dengan scene dari karakter atau tokoh yang sedang menikmati menu makanan serba ayam, atau Anda tertarik dengan menu ayam goreng yang sering ditampilkan.

Berikut ini resep kuliner serba ayam ala drakor yang bisa kamu jadikan alternatif menu makan sehari-hari agar tidak bosan di antaranya:

1. Resep bubur ayam korea

Dakjuk atau bubur ayam khas Korea yang terbuat dari kaldu dan tumisan beras dengan minyak. Tak berbeda jauh dengan cara membuat bubur khas Indonesia, kamu bisa ikuti caranya dengan mudah seperti dikutip dari Kompas.com.

Bahan:

2 centong nasi

1 potong dada ayam

1 batang wortel, diiris dadu kecil

2 lembar kol, diiris halus

Baca Juga: Dua Resep Makanan Khas Nusantara Simpel dan Enak

1 batang bawang pre

1 liter air

Bumbu:

1/2 ruas jahe

1 sdt minyak wijen

2 siung bawang putih, digeprek

garam dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus ayam dengan bumbu sampai matang. Suwir-suwir daging ayam. Biarkan air rebusan tetap di panci. Masukkan bagian tulang dan kulit ayam ke panci beserta nasi.

2. Rebus dengan api kecil hingga nasi mulai merekah dan airnya menyusut. Masukkan sayuran, sebagian suwiran daging ayam, dan bawang pre. Masak hingga sayuran matang.

3. Tambahkan garam dan merica. Koreksi rasa. Sajikan dengan taburan suwiran daging ayam.

2. Resep sup ayam pedas (Dakdoritang)

Dilansir dari Fimela.com, sup ayam pedas khas Korea atau dakdoritang biasanya muncul di salah satu scene dalam drama korea. Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa mengikuti metode memasak dalam resep berikut ini.

Bahan:

600 - 800 gram paha ayam

2 gelas air

1/4 cangkir kecap asin

2 sdm cuka beras

2 sdm gochujang

2 sdm gochugaru (bisa diganti cabai bubuk biasa)

1 sdm gula

2 buah kentang ukuran sedang, potong besar

2 buah wortel, potong besar

1/2  bawang bombai

4 siung bawang putih

2 iris jahe segar

2 batang daun bawang, potong sekitar 5 cm

1 sdm minyak wijen

2 sdt biji wijen putih sangrai

Sejumput lada hitam bubuk

Cara membuat:

1. Campur air, kecap asin, cuka beras, gochujang, gochugaru, madu, gula, dan lada dalam panci besar. Masukkan ayam dan didihkan. Tutup panci dan masak dengan api kecil sekitar 15 menit atau sampai ayam berubah kecokelatan.

2. Masukkan kentang, wortel, bawang bombai, bawang putih, dan jahe ke dalam ayam yang tengah di masak. Aduk sesekali sampai kentang empuk, sekitar 10 menit. Angkat tutupnya dan masak hingga kuah mengental, sekitar 10 menit lagi.

3. Gunakan termometer dan cek potongan daging ayam yang dekat dengan tulang. Jika sudah menunjukkan angka 165 derajat F atau 74 derajat celcius. Tambahkan daun bawang, minyak wijen, dan biji wijen di atasnya. Matikan api dan sajikan sup selagi hangat.

3. Ayam goreng pedas

Bahan:

5 potong sayap ayam besar

1 buah jeruk nipis

4 sdm Tepung terigu

2 sdm Tepung Beras

1 sdm Tepung Maizena

1/2 sdm Lada putih bubuk

1/2 sdm Garam

4 sdm Saus cabai

2 sdm Saus Tomat

1 sdm Saus Tiram

1 sdt Gula Pasir

2 sdm Madu

1/2 sdt Garam

3 siung bawang putih

Baca Juga: Deretan Resep Western Cita Rasa Indonesia

1 ruas jahe

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Potong sayap ayam menjadi 3 bagian. Cuci bersih. Lumuri lada, garam, sedikit maizena. Aduk rata. Simpan di kulkas 30 menit. Dalam satu wadah. Campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, lada dan garam. Aduk rata.

2. Kemudian masukkan ayam yang sudah di merinasi selama 30 menit tadi. Goreng ayam dengan api sedang sampai matang. Tiriskan

3. Haluskan bawang putih, jahe dan garam. Tumis bumbu yg sdh d haluskan tadi kemudian masukkan madu, saus cabai, saus tomat, saus tiram, garam, gula. Aduk rata.

4. Setelah harum masukkan perasan jeruk nipis. Lalu ayam yg sdh d goreng tadi. Aduk rata sampai melumuri semua bagian ayam. Setelah selesai angkat dan sajikan selagi hangat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga