Intip Spesifikasi Kuda Besi Andalan Paspampres, Punya Kapasitas Mesin di Atas 1000cc dan Harga Miliaran

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
Intip Spesifikasi Kuda Besi Andalan Paspampres, Punya Kapasitas Mesin di Atas 1000cc dan Harga Miliaran
Motor Yamaha FZ1, warna hitam (kiri), dan Honda Gold Wing GL1800 (kanan). Foto: Instagram @faisal.abdilah.nasution,dnproheroes.id

" Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), menjalankan tugas dengan pengawalan super ketat, selama rombongan Presiden bergerak di jalan raya, dan tentunya membutuhkan motor (kuda besi) dengan kemampuan diatas rata-rata "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres),  menjalankan tugas dengan pengawalan super ketat, selama rombongan Presiden bergerak di jalan raya, dan tentunya membutuhkan motor (kuda besi) dengan kemampuan diatas rata-rata.

Paspampres tidak hanya mengandalkan mobil, tetapi juga sepeda motor, sebagai alat mobilitas dalam menjalankan tugas pengamanan mereka. Salah satu pilihan motor yang digunakan adalah Yamaha FZ1, motor street fighter dengan estetika serba hitam yang diproduksi pada tahun 2012.

Bersumber dari viva.co.id, motor Yamaha FZ1 yang digunakan oleh Paspampres memiliki spesifikasi yang berbeda dengan versi umum yang dijual di pasaran. Ditenagai oleh mesin empat silinder DOHC berkapasitas 998cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 daya kuda dan torsi 89,1 Newton meter.

Baca Juga: Komponen Motor Ini Butuh Perhatian Ekstra saat Musim Penghujan

Kecepatan maksimum Yamaha FZ1 yang digunakan oleh Paspampres mencapai 248 kilometer per jam, memastikan mereka dapat mengikuti dan menjaga ketertiban dalam rombongan Presiden dengan efektif.

Selain Yamaha FZ1, Paspampres juga mengandalkan motor gede lainnya dalam menjalankan tugas pengamanan, seperti BMW K 1600 B.

Motor ini ditenagai oleh mesin enam silinder berkapasitas 1.649cc, mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 daya kuda dan torsi 175 Nm.

BMW K 1600 B merupakan kuda besi bergaya bagger yang dipesan oleh Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) sebanyak 50 unit dari BMW Motorrad Indonesia, dengan harga mencapai Rp975 juta off the road.

Paspampres juga menggunakan Honda Gold Wing GL1800 untuk pengawalan Presiden. Motor ini memiliki dapur pacu 1.832cc enam silinder, dan harganya lebih dari Rp1 miliar.

Baca Juga: Begini Tampang Motor Sport Suzuki 150 cc, Diklaim Paling Kencang di Kelasnya

Keberadaan Honda Gold Wing GL1800 memperkuat armada Paspampres dalam menjalankan tugas pengamanan.

Selain itu, Polri juga memperkuat pengamanan Presiden dengan motor Harley Davidson Road Glide. Pada tahun 2018, Polri memborong 10 unit motor ini untuk mendukung pengamanan Presiden Jokowi.

Motor ini membawa mesin 1.745cc, 2-silinder, DOHC, yang dipasangkan dengan gear box 6-percepatan. Di Indonesia, Road Glide dijual mulai dari Rp1,16 miliar, sesuai data yang dikutip dari uzone.id. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga