Intip Stadion Manahan Solo jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Intip Stadion Manahan Solo jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, resmi ditunjuk jadi tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023. Foto: Bolasport.com

" Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, resmi ditunjuk jadi tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023 "

SOLO, TELISIK.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, resmi ditunjuk jadi tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat menghadiri acara seleksi untuk mencari pemain Timnas U-17 Indonesia. Kota Solo juga dipastikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Sebelumnya, Stadion Manahan juga merupakan salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2023. Namun, event tersebut batal terlaksana.

"FIFA juga akan hadir pada akhir bulan ini, memeriksa kelengkapan fasilitas untuk Piala Dunia U-17," ujar Erick Thohir pada Minggu (23/7/2023) dilansir dari Jateng.tribunnews.com

Baca Juga: Indonesia Bakal Gelar Piala Dunia U-17, Pengamat: Jangan Ada PDIP di Sepak Bola

Sebelumnya, Erick Thohir telah mengusulkan kepada FIFA delapan stadion sebagai calon venue untuk Piala Dunia U17 2023. Enam stadion merupakan arena yang sebelumnya dipersiapkan untuk pergelaran Piala Dunia U20 2023.

Mengutip Kompas.com, keenam stadion tersebut adalah Gelora Sriwijaya, Manahan, Gelora Bung Karno, Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan Kapten I Wayan Dipta.

Selain keenam venue itu, PSSI juga menambah dua stadion lainnya yakni, Jakarta International Stadium dan Stadion Pakansari. Walau demikian, delapan stadion yang diusulkan untuk Piala Dunia U17 2023 bakal lebih dulu diverifikasi FIFA.

“Sudah tahu kan yang enam stadion buat Piala Dunia U20 dan ada tambahan JIS dan di Bogor (Pakansari),” tuturnya.

Mengutip Wikipedia.com, Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ASEAN Para Games 2011.

Baca Juga: Video: Erick Thohir Khawatir Jika JIS Dijadikan Venue Piala Dunia U-17 2023

Stadion ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. Saat ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tempat rumah Persis Surakarta.

Dilihat dari letak geografis, Stadion Manahan di Surakarta cukup strategis. Berdiri megah di tengah-tengah pusat kota, berdekatan dengan stasiun kereta, terminal, bandara, hotel, jalan raya dan pusat perbelanjaan menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu yang paling representatif dalam menggelar event olahraga skala nasional dan internasional olahraga.

Stadion ini terletak di pusat Kota Surakarta, tepatnya di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Berjarak 9 kilometer dari Bandara Internasional Adisumarmo. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga