Intip Syarat dan Biaya SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Intip Syarat dan Biaya SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara
SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara membuka pendaftaran baru pertama di tahun ajaran 2023/2024. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Berbeda dengan SMA pada umumnya, fasilitas sarana dan prasana yang ditawarkan SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara sebanding dengan biaya sekolah "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbeda dengan SMA pada umumnya, fasilitas sarana dan prasana yang ditawarkan SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara sebanding dengan biaya sekolah.

SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara, merupakan sekolah yang berfokus untuk menyiapkan generasi muda yang akan melanjutkan pendidikan ke beberapa sekolah kedinasan.

Adapun persyaratan administrasi berkas yang harus dipenuhi bagi calon peserta didik baru diantaranya foto copy ijazah yang sudah dilegalisir, foto copy akta kelahiran, pas foto, surat keterangan berkelakuan baik dan berbadan sehat.

Sedangkan untuk tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta didik SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara, antara lain tes akademik, tes jasmani, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Baca Juga: Pertama di Sulawesi Tenggara, Sekolah Ini Terima 150 Calon Siswa Taruna

Ketua Tim Pengelola, La Ode Taalami mengatakan, ada pula kriteria tinggi badan bagi para calon peserta didik yang akan mendaftar di SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara tersebut.

"Jadi selain berkas administrasi dan juga tahap seleksi, ada juga standar tinggi, kalau perempuan sekitar 145 cm dan laki-laki itu sekitar 150 cm," jelasnya

Berdasarkan penlusuran telisik.id, terdapat 3 jenis pembiayaan dalam tahap administrasi diantaranya:

1. Biaya Awal

- Uang pangkal Rp 10.000.000

- Seragam dan perlengkapan lain Rp 3.000.0000

- Masa basis Rp 2.000.000

2. Biaya Tahunan

- Buku Rp 2.000.000

- Kesiswaan Rp.500.000

- Koperasi Rp 500.000

3. Biaya bulanan wajib

- SPP Rp 1.500.000

- Kesehatan Rp 500.000

- Renang Rp 500.000

Kepala SMA Taruna Indonesia Sulawesi Tenggara, Mahdin menjelaskan, biaya tersebut sebanding dengan fasilitas dan sarana pembinaan minat dan bakat, serta program pembelajaran yang akan didapat oleh siswa.

Baca Juga: Digeledah Kejati Sulawesi Tenggara Dugaan Korupsi Tambang, Istri Dirut PT KKP Mengaku Pernah Setor Uang ke Lembaga Hukum

"Setelah didik selama 3 tahun di sekolah ini, ke depan mereka diharapkan sudah bisa berkompetisi untuk masuk ke perguruan tinggi militer," harapnya.

Sementara ketua koperasi, Rizki Andriati menjelaskan mengenai beberapa fasilitas penunjang dalam rangka mendukung proses belajar mengajar di sekolah.

"Kami juga sediakan beberapa fasilitas penunjang, seperti perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium komputer dan koperasi," jelasnya. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga