Investasi Konsel 2021 Tembus Rp 2.6 Triliun

Ashar Hamka, telisik indonesia
Jumat, 18 Februari 2022
0 dilihat
Investasi Konsel 2021 Tembus Rp 2.6 Triliun
Di hadapan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Sekda, Sjarif Sajang, Kadis DPM-PTSP Konsel Drs I PUtu Darta (kanan) yang didampingi Plt Kadis Kominfo, Hidayatullah melaporkan hasil nilai investasi selama kurun waktu 2021. Foto: Ist

" Kendati menghadapi gelombang pandemi COVID-19 beberapa tahun belakangan ini, namun tak menyurutkan niat para investor untuk menanamkan modalnya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Tagline ‘Surga Investasi Konawe Selatan’ yang disematkan Pemda Konawe Selatan (Konsel) guna untuk menarik investasi, berbuah manis.

Kendati menghadapi gelombang pandemi COVID-19 beberapa tahun belakangan ini, namun tak menyurutkan niat para investor untuk menanamkan modalnya.

Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konsel, I Putu Darta menyebutkan, total realisasi investasi di Konsel tahun 2021 yakni mencapai Rp 2,665 triliun. Jumlah ini meningkat, jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, yakni mencapai Rp 1,5 triliun.

“Padahal target kami pada tahun 2021 sebesar Rp 1,5 triliun,“ ujarnya.

Mantan Sekretaris Bappeda ini melanjutkan dengan capaian tersebut realisasi investasi yang mencapai Rp 2,665 triliun di tahun 2021 lalu, melampaui target RPJMD Konsel. Juga menjadikan daerah pimpinan Bupati Surunuddin Dangga ini menduduki posisi kedua dari 17 kabupaten/kota se-Sultra, dalam hal realisasi investasi tahun 2021.

“Ini akan terus kami tingkatkan, targetnya realisasi investasi tahun 2022 sebesar Rp 2 triliun," I Putu Darta.

Dengan target yang dibebankan itu, ia optimis bisa merealisasikannya. Mengingat saat ini sesuai instruksi Bupati Konsel, pihaknya bakal membangun Mall Pelayanan Publik (MPP). Di mana nantinya, seluruh pelayanan perizinan yang ada di Pemkab Konsel akan ditempatkan di sana.

Baca Juga: Alat PCR Belum Digunakan, Sampel Swab Pasien RS dr H LM Baharuddin Dikirim ke Kendari

“Kami bersyukur, pimpinan daerah kami sangat mendukung hal tersebut. Tahun 2022 ini sudah mulai tahap konstruksi," jelasnya.

Selain itu, dirinya paham daya tarik investasi adalah proses perizinan yang mudah, cepat dan nyaman. Olehnya itu, dirinya bersama jajarannya selalu menekankan, investasi yang baik, berdampak positif bagi tumbuh dan berkembangnya daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peran investasi swasta lebih tinggi dari peran investasi pemerintah. Dirinya menyebut, Konawe Selatan adalah surga investasi. Dengan sejuta potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, potensi yang dimiliki harus terkelola secara baik.

Baca Juga: Hasil Data Sesuai Prinsip Statistik, BPS Ganjar Penghargaan Dua OPD di Muna

"Pasti akan semakin ditingkatkan pelayanan, terus didorong ke arah lebih baik. Karena tujuan kami, mendatangkan investasi yang sehat, sebesar-besarnya di Konawe Selatan. Peran investasi pemerintah hanya 15 persen. Selebihnya adalah dari pihak swasta. Makanya kami membuka pintu investasi seluas-luasnya di Konsel. Karena daerah ini memiliki potensi investasi yang sangat besar," ungkapnya. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga