Ipda Sarini, Polwan Pertama Jabat Kapolsek di Polres Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
Ipda Sarini, Polwan Pertama Jabat Kapolsek di Polres Muna
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin bersama Wakapolres, Kompol Anggi Ap Siaahan, Kapolsek Kabangka, Ipda Sarini dan Kabag Ops, Akp Muh.Ogen Sairi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Ipda Sarini dipercaya sebagai Kapolsek Kabangka, merupakan polwan pertama yang menjabat kapolsek di wilayah Polres Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Nama Ipda Sarini sudah tidak asing lagi di Polres Muna. Sejak menjadi bintara polisi hingga perwira, Sarini setia bertugas di Muna.

Kini, wanita kelahiran Desa Takimpo, Pasarwajo, Kabupaten Buton, 3 Januari 1987 itu dipercaya sebagai Kapolsek Kabangka. Ibu dua anak itu merupakan polwan pertama yang menjabat kapolsek di wilayah Polres Muna.

Sarini dilantik oleh Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin bersama Kabag Log, AKP La Ode Gia, Kapolsek Tikep, Ipda La Ode Halidin dan Kapolsek Kusambi, Iptu Muhamad Nexon Ode Bio, Senin (27/2/2023).

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin membenarkan, Ipda Sarini merupakan polwan pertama yang diberikan kepercayaan oleh organisasi menjadi kapolsek. Hal tersebut tentunya diharapkan bisa menjadi pemacu bagi polwan-polwan lain untuk lebih meningkatkan kinerja.

"Ini bukti bahwa pimpinan percaya bila polwan bisa memimpin suatu polsek," kata Mulkaifin.

Ia berpesan pada pejabat yang baru dilantik cepat menyesuaikan diri di tempat tugas baru dengan melaksanakan tanggung jawab serta mantapkan karakter kepemimpinan yang menampilkan ketauladanan dengan prinsip jujur, terpercaya, bertanggung jawab, visioner, disiplin, mampu bekerja sama, bertindak adil dan mempunyai kepedulian.

Baca Juga: KEPPMI Bukan Wadah Politik

"Saya berpesan memasuki tahun politik ini, agar maksimalkan pemberdayaan potensi keamanan di wilayah masing-masing demi terciptanya situasi yang kondusif," imbuhnya.

Sementara itu, Ipda Sarini berjanji akan menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Langkah yang akan dilakukan mantan Kanit Kamsel Satlantas itu adalah dengan membangun koordinasi dan komunikasi bersama pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dalam rangka menjaga kamtibmas.

"Upaya pencegahan terhadap aksi kekerasan dan anarkis yang menimbulkan gangguan kamtibmas akan dimaksimalkan," ujarnya.

Istri Arwan itu akan melakukan upaya penindakan hukum bila langkah persuasif tidak berhasil. Tentunya, tindakan hukum akan dilakukan cepat, tepat dan tuntas secara profesional, proporsional dan objektif guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Ipda Sarini lulus menjadi bintara Polri tahun 2006 silam gelombang I. Setelah pendidikan, penempatan pertamanya di Polres Muna di bagian Satsabhara. Lalu, ia dipindahkan di Satlantas. Kemudian, di Satreskrim.

Tahun 2010, wanita berusia 36 tahun itu pindah tugas di Polres Baubau. Ia ditempatkan di Satsabhara lalu bergeser di Satlantas, Satres Narkoba, Satreskrim dan kanit di Polsek Murhum.

Tahun 2018 polwan yang murah senyum itu pindah kembali ke Polres Muna. Ia kembali ditugaskan di Satreskrim unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Baca Juga: Umroh Gratis Bagi Pemenang STQ Muna

Nah, di unit PPA itu, tahun 2019, Sarini menangani perkara dugaan asusila terhadap anak di bawah umur yang menyeret salah satu pejabat publik di Kabupaten Buton Utara.

Ia pun berhasil menangani perkara itu hingga ke persidangan. Atas keberhasilannya itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) memberikan penghargaan sebagai penyidik terbaik tingkat nasional yang sukses mengungkap kasus asusila anak di bawah umur.

Di sisi lain pula, tahun 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan pada anak pasangan suami istriI, Ismail Sarapan dan Wamala itu untuk mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 50.

Setelah resmi menyandang status perwira polisi, anak ketiga dari lima bersaudara itu ditempatkan sementara di Polda Sulawesi Tenggara. Kemudian, diangkat sebagai Wakapolsek Tikep, lalu di di Bagian Ops dan sebelum kapolsek sebagai Kanit Kamsel Satlantas Polres Muna. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga