IPM Kota Kendari Masuk 5 Besar Nasional

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 27 April 2021
0 dilihat
IPM Kota Kendari Masuk 5 Besar Nasional
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Musdar/Telisik

" Tentu ini hasil kerja keras kita bersama, mudah-mudahan ini terus bisa kita pertahankan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2020 tercatat sebesar 83,53 persen.

Jumlah tersebut meningkat 0,67 persen dari tahun sebelumnya (2019) yang hanya 82,86 persen.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kenaikan 06,7 persen itu telah mengantarkan IPM Kota Kendari masuk dalam 5 besar nasional.

"Tentu ini hasil kerja keras kita bersama, mudah-mudahan ini terus bisa kita pertahankan," kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir ditemui di Kantor DPRD Kota Kendari, Senin (26/4/2021) kemarin.

Baca juga: THR ASN Pemkot Kendari Tunggu Transfer Dana Pusat

Sulkarnain menuturkan, meningkatnya IPM Kota Kendari tidak lepas dari upaya Pemerintah Kota Kendari menghadirkan program yang meliputi program perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial. Terlebih tahun 2020 Kota Kendari diperhadapkan oleh situasi pandemi.

Program-program tersebut dinilai membuat harapan hidup warga Kota Kendari semakin meningkat menjadi 73,77 tahun pada 2020 dari tahun sebelumnya (2019) hanya 73,75 tahun.

Angka tersebut itu pula berhasil melampaui rata-rata angka harapan hidup nasional.

"Makanya saya sempat bercanda kalau pensiun dan ingin hidup nyaman tinggal saja di Kota Kendari," ungkap Politisi PKS ini sumringah.

Baca juga: Mayat Bayi di Kawasan Hutan UHO Tak Utuh, Diduga Dirusak Binatang Liar

Menanggapi itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari yang juga Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Kendari Tahun anggaran (TA) 2020, LM Rajab Jinik mengapresiasi kerja-kerja Pemerintah Kota Kendari sehingga sukses mengantarkan IPM Kota Kendari mengalami peningkatan.

Tidak hanya melebihi IPM Sultra yang hanya 71,45 persen. IPM Kota Kendari bahkan masuk dalam 5 besar nasional.

"Kita sangat apresiasi kinerja Pemerintah Kota Kendari karena itu merupakan salah satu tindaklanjut dari catatan strategi LKPJ TA 2019 yang dibacakan TA 2020 dan itu sudah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Kendari," kata Rajab Jinik.

Untuk diketahui, indikator IPM meliputi kesehatan, tingkat pendidikan dan ekonomi. Pengukuran ini menggunakan tiga dimensi dasar, yaitu lamanya hidup, pengetahuan, dan standar hidup yang layak. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga