adplus-dvertising

Isak Tangis Keluarga Sambut Kepulangan Jemaah Haji Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
266 dilihat
Isak Tangis Keluarga Sambut Kepulangan Jemaah Haji Konawe
Suasana haru saat pertemuan keluarga jemaah haji asal Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pada saat detik-detik kedatangan jemaah haji, terlihat puluhan masyarakat yang merupakan keluarga jemaah yang telah lama menunggu, mulai histeris dan melambaikan tangan ke arah bus jemaah haji "

KONAWE, TELISIK.ID - Suasana haru mewarnai kedatangan rombongan jemaah haji asal Kabupaten Konawe. Penjemputan dipusatkan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe, Jumat (5/8/2022).

Dari pantauan Telisik.Id, rombongan jamaah haji itu tiba di Bandara Haluoleo Kendari pada pukul 09. 45 Wita, dan dilanjutkan ke Asrama Haji Kendari untuk mengikuti serangkaian kegiatan.

Sekitar pukul 11.30 Wita, 72 jamaah haji asal Konawe yang tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Makassar tiba di kampung halaman dengan menggunakan 2 unit bus dan didampingi pihak Kemenag dan Pemda Konawe.


Pada saat detik-detik kedatangan jemaah haji, terlihat puluhan masyarakat yang merupakan keluarga jemaah yang telah lama menunggu, nampak mulai histeris dan berteriak serta melambaikan tangan ke arah bus jemaah haji.

Bahkan, pada saat bus pangantar jemaah haji memasuki halaman Kantor Kemenag Konawe, mereka berusaha masuk untuk menyapa keluarganya meskipun pihak Kemenag beserta Satlantas Konawe mencoba menghalangi dengan menutup pagar kantor tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa Desak Presiden Ganti Kapolri Listyo Sigit Soal Kematian Brigadir J

Hal itu dilakukan guna memberikan waktu istirahat bagi para jemaah haji yang baru tiba dari perjalanan ibadah, sembari dicek kondisinya oleh pihak Kesehatan Konawe.

Namun hal tersebut tidak diindahkan oleh keluarga jemaah haji. Mereka pun berusaha untuk menerobos pagar yang telah dijaga, hanya semata-mata untuk bertemu keluarganya dan melepas rasa rindu.

"Saya mau ketemu suamiku," ucap salah satu keluarga jemaah haji, yang masih berada di luar pagar Kantor Kemenag Konawe.

Tak berselang lama, saat jemaah haji turun dari bus, keluarga jemaah kian histeris, hingga akhirnya pihak keamanan pun tak dapat menahan mereka dan terpaksa membiarkan mereka masuk untuk bertemu langsung kelurganya yang baru selesai menunaikan ibadah haji.

Isak tangis haru pun mulai terdengar saat kelurga berjumpa langsung dengan jemaah haji. Pelukan hangat dan diiringi tetasan air mata, nampak jelas rasa rindu yang selama ini disimpan tak dapat lagi tertahankan, bercampur rasa bahagia dapat berjumpa sanak keluarganya dengan selamat dan sehat.

Salah satu keluarga jemaah haji, Irdan mengaku sangat senang dapat bertemu keluarganya dalam keadaan sehat selama melakukan segala kegiatan ibadah haji.

Baca Juga: Pembangunan Bendungan Pelosika, Sekda Ungkap Masalah Selain pembebasan Lahan

"Alhamdullilah, dia pulang dengan selamat, senang sekali," ucapnya.

Rasa syukur juga diungkapkan salah satu jemaah haji, Mulianto. Ia mengaku senang dan lega. Karena harus berpisah dengan keluarga untuk menjalankan ibadah suci ke Baitullah.

Tangis pun tak terbendung ketika Mulianto baru turun dari bus dan langsung bertemu keluarga besar yang sudah menunggu sejak pagi.

"Pokoknya senang sekali, rasa capek dan rindu sudah diluapkan disini dalam keadaan sehat," jelasnya. (A)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga