adplus-dvertising

Islam Is For Everyone

Abd. Rasyid Masri, telisik indonesia
Sabtu, 28 Agustus 2021
861 dilihat
Islam Is For Everyone
Prof. Abd. Rasyid Masri, Akademisi dan Pebisnis. Foto: Ist.

" Islam adalah agama rahmah, agama kasih sayang setiap orang, Islam untuk semua makhluk, alam semesta. "

Oleh: Prof. Abd. Rasyid Masri

Akademisi dan Pebisnis

ISLAM hadir bukan untuk kelompok tertentu. Bukan untuk Islam Arab, Islam Barat atau Islam Nusantara dan seterusnya tapi Islam is for everyone, untuk setiap insan manusia setiap jiwa dan setiap makhluk.     


Tak boleh Islam dinalar dengan tafsir golongan tertentu, karena mengkotak-kotakan Islam berpotensi merusak akidah dan akhlak beragama seperti tafsir yang diviralkan oleh Muhammad Kece yang egois dan sentimen terhadap ajaran Islam yang luhur.

Memberi tafsiran baru dengan tujuan menghina ajaran Islam, sungguh tak berakhlak, padahal menyandang nama besar --Muhammad Kece, semoga kembali ke jalan Allah dengan bertaubat.

Islam tak boleh dipagari batas ideologi, batas geografis, batas antar benua tapi Islam tak bertepi, bersifat rahmatan lil’alamin, (finish) tak perlu lagi ada perdebatan dengan lebel Islam itu dan Islam ini. Inilah Islam yang saya yakini dalam memandang semua orang, semua golongan sama.

Sehingga jiwa saya dan mestinya jiwa kita semua tak boleh ada sebesar biji pasir pun dalam hati kita bahwa golongan organisasi saya yang the best, waktunya ditinggalkan, buang rasa ego jauh-jauh, tidak zaman lagi.

Baca juga: The Power of Belief

Baca juga: Konsolidasi Nasional di Tengah Pandemi

Moderasi beragama tidak sekadar retorika pemanis bibir, pemanis politik, kita sama tak boleh ada diskriminasi atau merasa paling benar dan bertindak intoleran terhadap orang non muslim, apatalagi sesama muslim, kita semua bersaudara.     

Islam is for everyone memiliki makna yang dalam, Islam adalah agama rahmah, agama kasih sayang setiap orang, Islam untuk semua makhluk, alam semesta.    

Islam menjunjung tinggi hak-hak setiap orang (manusia) tanpa pandang bulu, untuk semua karena perintah Islam jelas mengajarkan saling cinta, saling sayang dan saling membantu untuk semua orang dan lebih dari itu semua Islam hadir untuk memuliakan semua manusia anak cucu Adam.       

Bisa dilihat perintah Allah dalam Al Quran surat Al Isra ayat 70 berbunyi ”Dan sungguh kami telah  memuliakan anak Adam dan kami angkut (hadirkan) mereka di darat dan di laut dan kami beri reski yang baik-baik dan kami beri kelebihan mereka diantara makhluk lainnya dan kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna“.    

Indah betul untaian kalam ilahi, sehingga makna Islam is for everyone, Islam hadir untuk semua manusia, individu, mengajarkan keselamatan untuk setiap jiwa, memberi rahmah untuk setiap jiwa. Oleh sebab itu, mestinya semua manusia di dunia ini mesti beriman kepada Allah sesuai dengan fitrah penciptaannya bahwa Islam hadir untuk semua orang.   

Demikian, semoga coretan ini ada manfaatnya, dan bagi yang membaca semoga Allah berikan hidup yang berkah serta umur panjang. (*)

Artikel Terkait
Baca Juga