Iwan Rompo Tunggu Warga Sultra untuk Seleksi KPU RI Selanjutnya, Harus Tembus

Kardin, telisik indonesia
Senin, 21 Februari 2022
0 dilihat
Iwan Rompo Tunggu Warga Sultra untuk Seleksi KPU RI Selanjutnya, Harus Tembus
Anggota KPU Sultra, Iwan Rompo Banne yang mengikuti seleksi anggota KPU RI. Foto: Kardin/Telisik

" Siapa pun warga Sultra yang akan mengikuti seleksi KPU RI nantinya, harus mampu melampaui dirinya dan tembus sebagai komisioner KPU RI "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski tak lolos menjadi anggota KPU RI, Iwan Rompo Banne banyak memetik pelajaran setelahnya. Terlebih, dia orang pertama di Sultra yang mencapai titik 14 besar seleksi penyelenggara pemilu tingkat nasional.

Kata Iwan Rompo, siapa pun warga Sultra yang akan mengikuti seleksi KPU RI nantinya, harus mampu melampaui dirinya dan tembus sebagai komisioner KPU RI.

Ia mengatakan, berdasarkan pengalaman yang sudah ia jalani dalam seleksi, tingkat jejaring di pusat harus diperkuat, mengingat kompetitor lainnya memiliki segudang jaringan. Tentu kata dia, kapasitas calon juga harus mumpuni di bidang penyelenggaraan pemilu.

"Selain kapasitas, kapabilitas, jejaring itu juga penting," kata Iwan Rompo saat ditemui di Kendari, Minggu (20/2/2022) malam.

Komisioner KPU Sultra itu juga mengatakan, tidak ingin hanya dirinya saja yang sampai di 14 besar dalam seleksi tersebut. Ke depan, ia menginginkan ada seseorang dari Sultra yang bisa memecahkan rekor dan masuk dalam 7 besar anggota KPU RI.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Sultra Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan di Kegiatan Road Race Madil Cup

"Saya tidak mau jadi monumen tunggal di Sultra. Harus ada yang tembus di KPU RI," pintanya.

Ia juga berkisah, jika 15 tahun lalu ada calon anggota KPU RI dari Sultra yang mengikuti seleksi dan berhasil sampai di 40 besar. Tahun 2022 ini katanya, Sultra mencapai 14 besar, tidak menutup kemungkinan, ke depannya bisa lolos di 7 besar.

Baca Juga: Rektor UHO Kendari Lantik 19 Pejabat Fungsional

Pastinya kata dia, siapa pun yang maju seleksi di KPU RI nantinya, pihaknya pasti akan membantu.

"Bisa saja 5 tahun atau 10 tahun lagi, ada orang yang bisa lolos jadi anggota KPU RI. Yang pasti kita akan bantu," paparnya. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga