Jadi Favorit Berwisata, Pantai Toronipa Diserbu Warga di Awal Tahun

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 02 Januari 2020
0 dilihat
Jadi Favorit Berwisata, Pantai Toronipa Diserbu Warga di Awal Tahun
Suasana pantai Toronipa. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Jaraknya kurang lebih 12 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam, kalau normal. Tapi kalau begini, ribuan orang menuju ke Pantai Toronipa, waktu tempuh mencapai 3 jam masalahnya macet. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pantai Toronipa memiliki view yang unik, dengan deburan ombak dari laut banda yang membuat suasana terasa kita berada di Pantai Ancol Jakarta.

Tak heran bila pantai tersebut jadi salah satu destinasi favorit masyarakat Sulawesi Tenggara, utamanya saat liburan.

Seperti yang diungkapkan warga Kota Kendari, Amir, Pantai Toronipa menjadi salah satu destinasi favoritnya bersama keluarga setiap libur tahunan.

Namun ada kendala yang mesti dihadapi oleh masyarakat ketika akan berkunjung ke Pantai Toronipa. Yakni jalanan yang rusak parah sehingga jarak tempuh menjadi lama dan menyebabkan antrian yang begitu panjang.

"Jaraknya kurang lebih 12 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam, kalau normal. Tapi kalau begini, ribuan orang menuju ke Pantai Toronipa, waktu tempuh mencapai 3 jam masalahnya  macet," ucapnya, Selasa (1/1/2020).

Meskipun ada jalan yang telah diperluas menjadi dua jalur dan dibeton, namun hanya sekitar 3 kilometer.

"Semoga Bapak Gubernur Ali Mazi secepatnya menyelesaikan pembangunan jalan pariwisata Toronipa. Supaya kita, warga Kota Kendari yang hendak berwisata ke Toronipa, bisa cepat sampai tujuan," katanya.

Menurut Prof. Eka Suaib, pantai Toronipa memiliki prospek wisata berdaya saing tinggi dan memiliki Multiplayer efek mensejahterakan penduduk sekitar kawasan pantai toronipa.

"Bahwa kita jangan hanya mengandalkan sektor pertambangan sebagai pemberi pendapatan daerah tertinggi, padahal sektor pariwisata kalau dikelola dengan profesional sangat menjanjikan untuk menghasilkan PAD seperti daerah Bali, NTT dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Mengeksplor Air Terjun Waworaha di Soropia

Kepala Dinas Pariwisata Sultra Dr. Ir. Panca. M.Pd mengajak kita untuk menjaga kebersihan kawasan pariwisata Toronipa. Dan bila ingin pantai Toronipa indah dan nyaman serta berdaya saing, harus disiapkan fasilitas bagi pengunjung.

"Seperti homestay, villa, gazebo, fasilitas kesehatan dan keselamatan (coastguard), tempat sampah portable yang mudah dipindah. Kemudian ditingkatkan kelengkapan alat  permainan pantai seperti  banana boad, parasailing dan SDM yang ramah wisata," ujar Panca.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga