Jadi Kelurahan Terkotor, 17 Lurah Terancam Diganti

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Jadi Kelurahan Terkotor, 17 Lurah Terancam Diganti
17 kelurahan di Kota Kendari mendapatkan bendera hitam sebagai kelurahan terkotor, mereka terancam dicopot dari jabatannya. Foto: Sumarlin/Telisik

" Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, mengancam akan mengganti 17 lurah yang wilayahnya mendapat predikat kelurahan terkotor "

KENDARI, TELISIK.ID - 17 kelurahan di Kota Kendari mendapatkan bendera hitam, sebagai tanda menjadi kelurahan terkotor, pada lomba kebersihan tingkat Kota Kendari. Penyerahan bendera hitam diberikan langsung oleh Pj Wali Kota Kendari pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, Senin (22/5/2023).

Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, mengancam akan mengganti 17 lurah tersebut, kecuali sejumlah lurah yang baru menjabat 2 bulan terakhir. Namun mereka diberikan kesempatan selama satu bulan untuk berbenah. Jika tidak ada perubahan, mereka juga akan mendapatkan sanksi serupa.

Asmawa Tosepu menegaskan, 17 lurah tersebut merupakan contoh pemimpin yang buruk. Mereka tidak punya inovasi sehingga kelurahannya menjadi yang terkotor.

"Tidak mungkin mereka tidak bisa, karena 48 lainnya bisa, dari 65 kelurahan 17 kelurahan ini bagi saya tidak ada ruang diskusi untuk ini, kecuali semuanya tidak bisa," tegasnya dengan nada keras.

Baca Juga: Hadapi Penilaian Adipura, Pemkot Kendari Aktifkan Satgas Kebersihan

Menurut Asmawa, menjadi seorang pemimpin tidak hanya bekerja di belakang meja saja, namun harus turun ke lapangan melihat kondisi masyarakat dan lingkungannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati menjelaskan, kategori penilaian tingkat kelurahan lebih sulit dibandingkan tingkat organisasi perangkat daerah (OPD). Penilaian tingkat OPD hanya meliputi kantor, sedangkan kelurahan hingga lingkungan di wilayahnya.

Menurut Nismawati, dari 17 kelurahan terkotor, hampir seluruhnya memiliki kantor yang kotor, kalaupun kantornya bersih, namun lingkungannya yang kotor.

Baca Juga: Warga Diharap Jaga Kebersihan di Kebun Raya Kota Kendari

"Yang terendah itu, memang kita dapati kantornya kotor, kita lihat pemukimannya, drainasenya, jalan, masyarakat membuang sampah di drainase. Memang kita harapkan partisipasi masyarakat dalam penanganan kebersihan ini," ungkapnya.

Dia berharap, sebagai kepala wilayah, para lurah harus sering turun ke lapangan untuk mengedukasi masyarakat, bahwa menjaga kebersihan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, namun semua pihak, termasuk masyarakat.

Berikut 17 kelurahan yang mendapatkan bendera hitam yakni Kelurahan Gunung Jati, Korumba, Lapulu, Wawombalata, Anggilowu, Benu-benua, Dapu-dapura, Wundundopi, Wundumbatu, Puuwatu, Sodohoa, Sanua, Kadia, Kandai, Lalodati, Lalolara dan Kelurahan Mata. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga