adplus-dvertising

Jadi Pemenang CTDA 2022, Kampung Adat Wae Rebo Manggarai Diganjar Penghargaan

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 21 Mei 2022
372 dilihat
Jadi Pemenang CTDA 2022, Kampung Adat Wae Rebo Manggarai Diganjar Penghargaan
Menteri Sandiaga Uno saat berkunjung ke Kampung Adat Wae Rebo, Kabupaten Manggarai beberapa bulan lalu. Foto: Ist

" Masih terdapat beberapa tantangan yang perlu dibenahi dalam rangka membangun pariwisata berkelanjutan di Kampung Wae Rebo "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, NTT, terpilih menjadi pemenang dalam ajang Creative Tourism Destination Award (CTDA) 2022 kategori SDG's.

Dengan kemenangan ini, kampung yang pernah dijanjikan Presiden Jokowi untuk datang berkunjung itu diganjar penghargaan oleh Deputy Chairman Markplus, Inc di Jakarta.

Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas raihan ini.


"Penghargaan ini adalah bukti bahwa Pemkab Manggarai dan Masyarakat Adat Kampung Wisata Wae Rebo benar-benar bersinergi dan punya komitmen yang sama dan serius dalam mempertahankan keaslian objek wisata ini," kata Sekda Jahang Fansi, Sabtu (21/5/2022).

Namun di balik kebanggaan atas raihan ini, lanjutnya, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu dibenahi dalam rangka membangun pariwisata berkelanjutan di Kampung Wae Rebo.

Baca Juga: Kali Biru Objek Wisata di Kendari, Banyak Dikunjungi Saat Libur Lebaran

"Salah satu konsep yang sedang dicanangkan adalah optimalisasi kawasan wisata Wae Rebo yang mencakup 7 desa sekitar," kata dia.

Konsep pembangunan pariwisata dengan pendekatan kawasan Wae Rebo di mana tujuh desa sekitarnya haruslah bergerak bersama saling mengisi dan saling mendukung.

Baca Juga: Menelisik Eksotisme Permandian Lalo Nggarawa Mata Iwoi di Kolaka Utara

Sementara itu Taufik, Deputy Chairman MarkPlus, Inc. menjelaskan bahwa ajang penghargaan yang berfokus pada sektor pariwisata ini bertujuan untuk mengapresiasi suatu destinasi yang mampu menciptakan inovasi menarik dalam rangka menghidupkan kembali sektor pariwisata.

Terdapat tiga kategori penghargaan yang diberikan dalam ajang ini yakni Kategori Digital, Kategori SDG's, dan Kategori Youth. Ketiganya memiliki kriteria masing-masing yang menyoroti langkah pengembangan sektor pariwisata kreatif di Indonesia.

"Khusus Kategori SDG's, penghargaan ini diberikan bagi daerah yang mampu menciptakan dan mengembangkan destinasi pariwisata kreatif berbasiskan prinsip Sustainable Development Goals (SDG's) melalui kontribusi nyata, yang meliputi aspek kesejatheraan, pendidikan, dan lingkungan," jelasnya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga